Keliru! Kiblat Musala di Jeneponto Mengarah ke Utara, Bukan Barat


FAJAR.CO.ID, JENEPONTO – Keberadaan sebuah musalah di Desa Palantikang, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto membuat warga sekitar risih. Meski bangunan dari musala itu hanya berdinding seng, dan sebagian bangunannya juga ada yang terbuat dari batu.

Sepintas, tampak tak ada yang mencurigakan dari musala itu yang berdiri di sebuah tanah lapang. Namun yang membuat warga risih adalah soal arah kiblatnya.

Biasanya, arah kiblat untuk salat bagi umat muslim mengarah ke barat. Tepat ke arah Ka’bah di negara Arab Saudi sana. Namun musala ini justru mengarah ke utara. Kapolsek Bangkala, Iptu Bahtiar membenarkan kejadian itu.

Kesalahan arah kiblat itu pun telah didiskusikan ke beberapa pihak terkait. Diantaranya MUI, Pemerintah Kecamatan, dan beberapa organisasi Islam lainnya.

“Alhamdulillah, melalui rapat koordinasi dan dialog oleh berbagai pihak (MUI dan Pemerintah Kecamatan), telah ada solusi dan akan diuji menggunakan alat. Kalau itu (kiblat) salah, akan dilakukan pembetulan,” katanya saat dikonfirmasi Fajar.co.id, Kamis (28/5/2020).

Menurut informasi, tempat ibadah umat muslim itu berada dekat dengan kaki Gunung Silanu. Akses jalan menuju musala itu pun harus melewati jalanan bebatuan. Meski begitu, pihaknya akan terus melakukan koordinasi soal dugaan kekeliruan arah kiblat masjid tersebut.

“Kita telah koordinasi dan akan diselesikan secara baik-baik dan persuasif,” tambahnya. (ishak/fajar)

Komentar

Loading...