Logo PKI di Tubuh Bendera Merah Putih Langgar UU Lambang Negara

Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Yudhiawan.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Penemuan bendera Merah Putih berlambang palu arit yang diidentik dengan logo Partai Komunis Indonesia (PKI), masih dalam penyelidikan aparat kepolisian Polrestabes Makassar.

Dari keterangan polisi, penemuan tersebut dianggap sebagai penodaan terhadap bendera kebanggan Indonesia oleh partai yang membunuh tujuh perwira tinggi militer Indonesia, yang disebut dengan peristiwa G 30 S/PKI pada tahun 1965 silam.

Penyidik pun sementara bekerja dan menyelidiki siapa yang menggambar palu arit tersebut di tubuh bendera kebangsaan Indonesia.

“Sedang disidik Reskrim dan saya belum dapat laporan hasil. Itu merupakan tindak pidana yang melanggar UU Nomor 24 Tahun 2009 Tentang Lambang Negara,” kata Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Yudhiawan kepada Fajar.co.id, Kamis (28/5/2020).

Bendera tersebut ditemukan oleh petugas keamanan kampus di gedung lantai dua, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) kampus Unhas pada April 2020 lalu. Gedung tersebut ditemukan tanpa penghuni.

Penemuan itu sempat geger hingga ke rektorat, dan tak menyangka logo partai pengkhianat pada orde lama itu, ditemukan di sekitaran kampus binaannya.

Kemudian bendera tersebut diserahkan ke Polsek Tamalanrea, selanjutnya diserahkan ke Polrestabes Makassar untuk diselidiki dan mencari tahu pelaku penggambar palu arit tersebut. (ishak/fajar)

loading...
Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Komentar

Loading...