Penyebab Sensus Penduduk Makassar 2020 yang Dipastikan Tak Capai Target

Sensus Penduduk Makassar 2020 yang Dipastikan Tak Capai Target

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Sensus Penduduk Makassar 2020 yang digelar selama hampir empat bulan dipastikan tidak mencapai target yang telah ditentukan.

Dari target 81.370 KK, tercatat baru 39.757 KK atau sekitar 48,86 persen yang saat ini terdata per hari ini, Kamis (28/5/2020). Sementara besok, Jumat, (29/5/2020) merupakan hari terakhir pengisian.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Makassar, Ari Prihandini menyebut, bahwa penyebab Sensus Penduduk 2020 tak mencapai target, akibat tak maksimalnya sosialisasi door to door yang dilakukan selama ini.

"Karena tidak bisa melakukan sosialisasi secara langsung. Disebabkan pandemi Corona," ujarnya, Kamis (28/5/2020).

Menurut Ari, dengan sosialisasi door to door, akan mampu mendongkrak antusias warga dalam mengisi Sensus Penduduk. Akan tetapi, pandemi covid-19 membuat pihaknya menempuh cara lain yaitu sosialisasi via daring.

Sementar itu, Usai gagal mencapai target, Ari mengaku menunggu instruksi lanjutan dari BPS Pusat. Mengenai apa yang mesti dilakukan oleh pihaknya, kata dia, hanya pusat lah yang bisa memutuskan.

"Kami menunggu petunjuk untuk kegiatan selanjutnya dari BPS RI," singkatnya.

Diketahui, pengisian Sensus Penduduk 2020 sendiri telah dilaksanakan sejak 15 Februari lalu. Dengan menggunakan metode kombinasi yang memanfaatkan data administrasi penduduk dari Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri RI sebagai basis data dalam menghasilkan satu data kependudukan Indonesia yang menjadi pijakan dalam membuat kebijakan di berbagai bidang seperti pangan, pendidikan, kesehatan, dan perumahan. (ikbal/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Edy Arsyad

Comment

Loading...