Main Buruk, Bale Salahkan Fans Madrid

Gareth Bale/Pablo Garcia/MARCA

FAJAR.CO.ID, MADRID—Pemain depan Real Madrid, Gareth Bale mengakui kehilangan kepercayaan diri akibat sering dikecam penonton di Estadio Santiago Bernabeu. Menurutnya, siulan dari fans membuat ia sangat terganggu.

"Kami mendapat banyak tekanan di setiap pertandingan. Jika Anda tidak bermain dengan baik, ada pengawasan," kata Bale kepada podcast golf AS The Erik Anders Lang Show ketika mendiskusikan waktunya di Real Madrid dikutip MARCA.

Harapan penggemar Madrid pada Bale memang sangat tinggi. Khususnya setelah kepergian Cristiano Ronaldo pada musim panas 2018. Itu membuat banyak penggemar Los Blancos frustrasi. Apalagi, pada saat bersamaan, Bale banyak menulis tentang tindakannya di luar lapangan sepakbola.

"Aku 80.000 orang di stadion bersiul karena aku tidak bermain bagus. Aku sudah beberapa kali mengalaminya! Itu tidak baik dan itu juga tidak membuat kepercayaan dirimu bagus," ujar pemain Wales tersebut.

Bale mengaku tidak bisa mengerti dengan para fans. Bagi eks pemain Tottenham Hotspur tersebut, penggemar mestinya membantu mereka saat sedang kesulitan agar bisa kembali tampil bagus dan memberi kontribusi positif bagi tim.

"Ini adalah pertanyaan terbesar dan saya hanya tidak mengerti. Anda akan berharap bahwa jika Anda tidak bersenang-senang di lapangan, penggemar Anda akan mendukung Anda dan mencoba membantu Anda melakukan lebih baik karena itu akan membuat mereka bahagia,” keluhnya.

Padahal, menurut Bale, siulan hanya akan membuat pemain seperti dirinya semakin kesulitan menunjukkan performa terbaik. "Tampaknya mereka melakukan yang sebaliknya. Mereka menyiuli Anda, yang akibatnya membuat Anda merasa lebih buruk, Anda kehilangan kepercayaan diri, Anda bermain lebih buruk dan kemudian itu membuat mereka semakin kesal,” jelas Bale.

Ia mengatakan, dalam sepakbola, pemain mungkin bermain luar biasa pada satu waktu. Lalu, di momen tertentu ia mengalami penurunan. Saat itulah mereka akan mendapat cemooh. Padahal, performa seorang pemain menurut Bale tidak mesti dilihat dari jumlah gol atau pun assist.

"Anda berpikir sendiri bahwa Anda bermain bagus, Anda belum mencetak gol atau memberi assist. Tetapi orang-orang hanya menyukai gol, assist, dan hal-hal 'wow'. Terkadang itu tidak selalu terjadi," tandasnya. (amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Amir


Comment

Loading...