Sosok Pemilik Musala Salah Kiblat di Jeneponto

Musala yang berdiri tegak di Desa Pallantikang, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto.

FAJAR.CO.ID, JENEPONTO - Publik dibuat heran soal pemilik musala yang berdiri tegak di Desa Pallantikang, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto. Pasalnya, arah kiblatnya bukan mengarah ke barat. Melainkan ke arah utara.

Kapolsek Bangkala, Iptu Bahtiar mengungkapkan siapa pemilik musala tersebut. Namanya adalah Supriadi yang juga merupakan warga sekitar yang bermukim dekat dengan musalanya itu.

"Namanya Supriadi. Dia adalah warga setempat," jelasnya, Kamis (28/5/2020).

Musala miliknya itu kerap ditempati salat oleh siapa saja dan kapan saja. Perwira berpangkat dua balok ini membantah jika ada jemaah tertentu yang menempati musala tersebut, dan sengaja mengarahkan kiblatnya ke utara.

Dugaan adanya ajaran aliran sesat di musala itu juga dibantah. Menurutnya, Supriadi hanya tidak sadar dan tak menyangka kiblat di musalanya itu mengarah ke arah yang salah.

"Tidak ada jemaah tertentu yang salat di situ. Hanya keluarganya saja. Supriadi pun siap mengubah arah kiblat di musala miliknya jika memang salah," pungkasnya.

"Alhamdulillah, melalui rapat koordinasi dan dialog oleh berbagai pihak (MUI dan Pemerintah Kecamatan), telah ada solusi dan akan diuji menggunakan alat. Kalau itu (kiblat) salah, akan dilakukan pembetulan," sambung kapolsek.

Menurut informasi, tempat ibadah umat muslim itu berada dekat dengan kaki Gunung Silanu. Akses jalan menuju musala itu pun harus melewati jalanan bebatuan. Meski begitu, pihaknya akan terus melakukan koordinasi soal dugaan kekeliruan arah kiblat masjid tersebut.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Edy Arsyad

Comment

Loading...