Kehidupan Baru, Aparat Mulain Susun Sistem Pengawasan Warga

Pemprov DKI Jakarta menyediakan tempat cuci tangan sebagai upaya menekan penularan COVID-19. FOTO: FAISAL R. SYAM / FAJAR INDONESIA NETWORK.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — TNI-Polri mulai bersiap guna mengawal tatanan kehidupan baru atau new normal di tengah pandemi Covid-19. Oleh karena itu, pemetaan wilayah mulai dilakukan aparat guna menyusun sistem pengawasan kepada warga.

“Kita sedang merancang dimana saja lokasi-lokasi yang akan dijadikan new normal, pembukaan. Terus berapa personel yang disiapkan, karena memang yang dikedepankan adalah TNI-Polri untuk mengawasi kegiatan tersebut,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat dikonfirmasi, Jumat (29/5).

Yusri menyebut, saat ini Polda Metro Jaya bersama Kodam Jaya tengah membahas titik-titik pengawasan pada saat new normal. Sebagai gambaran, untuk wilayah Jakarta Selatan ada dua sektor utama yang akan diawasi. Yaitu sektor ekonomi dan moda transportasi.

“Sektor ekonomi, pasar tradisional dan pasar modern. Pasar tradisional sudah enggak masalah karena kan sudah buka dari kemarin untuk kebutuhan pokok masyarakat, kalau pasar modern ini mal,” tambahnya.

Sedangkan sektor moda transportas meliputi stasiun, bandara, terminal, MRT, hingga LRT. “Nah kami sedang rapatkan mana di Jakarta Selatan sektor ekonomi dan moda transportasi yang direncanakan akan diamankan oleh berapa kekuatan dari kodim dan dari kepolisian,” jelas Yusri.

Kendati demikian, leading sector pelaksanaan new normal menjadi kewenangan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. TNI-Polri hanya sebatas melakukan pengamanan terhadap kebijakan yang dibuat.

Komentar

Loading...