Legislator Gerindra Tolak Rencana Pembukaan Sekolah Jika Pandemi Belum Terkendali

  • Bagikan

Ia menilai, meski langkah-langkah antisipasi berupa penerapan protokol kesehatan dilakukan tidak akan menjamin sterilisasi sekolah dan paparan virus terhadap anak-anak.

"Kalau TK sampai SMP apalagi pesantren sebaiknya jangan dulu dikembalikan ke sekolah. Protap kesehatan tidak menjamin siswa bebas dari paparan virus," tegas legislator Gerindra itu.

Anak berkembang sesuai tahap usia. Kasrudi melihat, anak-anak terutama SMP ke bawah ada dalam masa penting pertumbuhan fisik dan keterampilan motorik. Mereka akan terus bergerak aktif. Tidak mudah kendalikan anak-anak bermain bebas. Ada kebahagiaan tak terbendung saat mereka bercanda, berkejaran, berpelukan (kontak fisik) dengan teman.

Hal-hal tersebut dikhawatirkan justru membuat penularan virus sulit dicegah. Belum lagi dengan fasilitas sekolah seperti bangku, meja, hingga fasilitas bermain yang tidak dijamin 100% sterilisasinya.

"Saya khawatir sekolah itu justru jadi kluster baru penyebaran Covid-19. Saya berkewajiban mengingatkan pemerintah sejak jauh-jauh hari," pungkas Kasrudi. (endra/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan