Pilkada 2020 Dilanjutkan, KPU Makassar Siap Aktifkan Kembali PPK dan Lantik PPS

ILUSTRASI: Pilkada (Dok. JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, bersama Komisi II DPR RI dan KPU menyepakati pemungutan suara Pilkada Serentak untuk dilaksanakan pada 9 Desember 2020. Hal itu disepakati dalam Rapat Dengar Pendapat yang diselenggarakan melalui Video Conference pada Rabu (27/5/2020).

“Protokol kesehatan dan koordinasi dengan Gugus Tugas tetap harus dijalankan, sehingga pada saat dimulainya kembali tahapan pada 15 Juni nanti, semuanya berjalan sesuai dengan prosedur protokol kesehatan,” ujar Mendagri Tito.

Komisi II DPR RI menyetujui usulan perubahan Rancangan Peraturan KPU RI Tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 15 Tahun 2019 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020 yang tahapan lanjutannya dimulai pada 15 Juni 2020, dengan syarat bahwa seluruh tahapan Pilkada harus dilakukan sesuai dengan ProtokoI Kesehatan, berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19, serta tetap berpedoman pada prinsip-prinsip demokrasi.

Terkait keputusan tersebut, KPU Kota Makassar telah mengambil ancang-ancang untuk pelaksanaan Pilwalkot Makassar sambil menunggu PKPU tahapan dikeluarkan.

“Kami sudah dapat informasi dari KPU RI bahwa tahapan mulai tanggal 15 Juni ini, tapi kita menunggu dulu PKPU Tahapan sembari mengambil ancang-ancang memang,” jelas Gunawan Mashar, bagian Teknis KPU Makassar, saat dihubungi wartawan, Kamis (28/5/2020).

Komentar

Loading...