Dinkes Ungkap Angka Penyebaran Covid 19 di Sulsel Berada di Bawah 1

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR-- Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Ichsan Mustari menuturkan penularan penyebaran Covid 19 di Sulawesi Selatan mengalami tren penurununan khususnya di beberapa Kabupaten.

"Sampai saat ini angka reproduksi efektif (Rt) di sulsel menunjukkan perbaikan perbaikan, ada beberapa yang sudah dibawah 1, artinya kalau ada pasien positif 1 maka itu tidak menularkan lagi," ucap Ichsan Mustari.

"Di beberapa kabupaten bahkan pasien positif sudah dipindahkan ke Makassar apakah dia PDP dirumah sakit maupun OTG," tambahnya.

Menurutnya dengan mendorong pasien positif Covid 19, PDP dan OTG ke Ibu Kota Provinsi Sulsel, Kota Makassar dapat mengurangi angka penyeberan di Kabupaten. Namun sejauh ini kata dia, khususnya di Luwu Timur masih diberikan edukasi kepada masyarakat agar pasien dapat dipindahkan ke Makassar.

"Ini upaya kita mengurangi penyebaran di Kabupaten, ada beberapa yang sudah 0 dan nilai Rtnya bahkan dibawah 0 dan yang sekarang masih ada dibeberapa kabupaten seperti Luwu Timur masuh dalam edukasi tim Satgas Lutim untuk membawa pasien positifnya ke Makassar," jelas Ichsan.

Ichsan menambahkan untuk beberapa Kabupaten di Sulsel seperti Bantaeng, Barru, Bone, Bulukumba, Enrekang, Jeneponto, Selayar, Luwu Utara telah mengirimkan pasiennya dan nampahnya nilai angka reproduksi penularan di daerah tersebut mengalami trend penurunan.

Saat dikonfirmasi terkait kebijakan new normal dan upaya dalam menurunkan angka reproduksi di Sulsel pihaknya akan menggelar kegiatan kampanye massif tentang protokol kesehatan seperti penggunaan masker, jaga jarak dan rajin cuci tangan. (anti/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Adi Mirsan


Comment

Loading...