Ekspor Benih Lobster Dilegalkan Jokowi, Susi Pudjiastuti: Itu Merusak Masa Depan Laut Indonesia

Susi Pudjiastuti

FAJAR.CO.ID,JAKARTA-- Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melontarkan kritik keras kepada Presiden Jokowi setelah mengetahui pencabutan larangan ekspor benih lobster.

Aturan tersebut mengacu pada Permen KP Nomor 12/Permen-KP/2020 Tentang Pengelolaan Lobster (Panulirus spp.), Kepiting (Scylla spp.), dan Rajungan (Portunus spp.), di Wilayah Negara Republik Indonesia. Aturan baru ini diundangkan di Jakarta pada tanggal 5 Mei 2020.

Susi beranggapan kebijakan tersebut berpotensi besar merusak masa depan sumber daya laut Indonesia. Ditegaskan juga kebijakan tersebut hanya menguntungkan segelintir pihak yang mendapatkan izin untuk melakukan ekspor benih lobster ke luar negeri.

"Kebijakan yang hanya mementingkan 9 PERUSAHAAN. Keberlanjutan diberikan kepada 9 perusahaan. Masa depan bangsa?" ujar Susi murka di laman Twitter pribadinya, Kamis (28/5/2020).

Susi pun menanyakan maksud Presiden Jokowi melegalkan aturan yang jelas-jelas pada masa pemerintahannya sangat dilarang.

"Apa keistimewaan hak 9 perusahaan mengambil Keberlanjutan sebuah Sumber Daya Laut Yg dijadikan Misi Pemerintah 2014 -2019. Laut Masa Depan Bangsa!! Kenapa Bapak President @jokowi @djpt_kkp @DitPSDI @suhanaipb melakukan hal seperti ini ?? Kenapa???" lanjut Susi makin meradang.

Lebih lanjut di akhir cuitannya, pemilik maskapai Susi Air itu mempertanyakan keistimewaan yang dimiliki kesembilan perusahaan eksportir tersebut.

"Siapa mereka? Kenapa mereka terpilih untuk bisa dapat privilege? Kok bisa ???!!" pungkasnya. (endra/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Adi Mirsan


Comment

Loading...