Kondisi Terkini Lokasi Penemuan Logo PKI di Unhas, Diduga Tempat Kumpul Mahasiswa

FOTO: ISHAK/FAJAR

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Informasi penemuan logo Partai Komunis Indonesia (PKI) pada bendera Merah Putih di kampus Unhas, Kota Makassar tersebar luas. Lokasi penemuannya itu berada di sebuah bangunan di lantai dua. Tepat di samping gedung UPT Pusat Bahasa, Universitas Hasanuddin (Unhas).

Pantauan di lokasi, tempat penemuan bendera Merah Putih berlogo PKI itu tampak hanya ada kursi dan meja yang terbuat dari kayu. Beberapa di antaranya pun tampak usang. Ada juga sebuah gelas yang disimpan di atas meja kayu itu.

Di sampingnya, dua buah tirai bambu warna cokelat menggantung di sela-sela rangka aluminium. Terdapat pula rumput liar yang tumbuh subur di sana.

Dedaunan warna cokelat pun tampak berguguran dan berserakan di jalan. Kondisi fisik bangunannya pun tampak kotor dan menghitam akibat dimakan usia.

Informasi yang diperoleh, lokasi itu ditengarai kerap menjadi tempat berkumpul mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Unhas. Baik di pagi maupun pada malam hari.

Akses untuk naik ke sana tidak bisa karena telah dipagari dan dikunci oleh pihak keamanan kampus.

"Kondisinya sekarang tempat penemuan bendera berlogo PKI itu sekarang dipagari dan dikunci. Sunyi dan tidak ada mahasiswa. Hanya ada petugas kebersihan," kata salah satu petugas yang enggan namanya disebut ke Fajar.co.id, Sabtu (30/5/2020).

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam

Comment

Loading...