Nakesnya Positif Covid-19, Layanan UGD RSUD Daya Tutup Sementara

RSUD Daya

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Daya kini menutup sementara ruang Unit Gawat Darurat (UGD). Itu lantaran lima tenaga kesehatan (nakes) dipastikan positif covid-19 setelah menjalani test swab.

Diketahui, kelima petugas kesehatan tersebut masing-masing terdiri dari dua dokter dan tiga orang perawat.

Kepala Sub Bagian Humas RSUD Daya Makassar, Wisnu Maulana, membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan, langkah itu ditempuh rumah sakit guna menjamin keselamatan dan keamanan pasien.

"Kami punya petugas ada yang positif, untuk keselamatan dan keamanana pasien, kami tutup dulu sementara sambil hasil swab petugas yang lain. Kan baru 5 keluar hasilnya, kalau misalnya hasil petugas lain negatif, kami buka kembali layanan," kata Wisnu, Sabtu (30/5/2020).

Menurut Wisnu, lima petugas medis yang melayani Covid-19 maupun yang tidak melayani tidak mempunyai riwayat penyakit.

Lebih lanjut, kata Wisnu, seluruh petugas telah melakukan pemeriksaan rapid sepekan yang lalu. Hasilnya, kata dia, ada yang statusnya reaktif sehingga harus melakukan isolasi secara mandiri.

"Karena hasil swabnya positif, maka semua petugas yang pernah berinteraksi dengan petugas yang positif, ini kami periksa lagi swabnya. Dan tenyata petugas UGD ini positif hasilnya. Kemarin kami baru tahu hasilnya positif," jelasnya.

Wisnu menambahkan, hasil dari sampel swab tes dikirim ke Universitas Hasanuddin. "Itu biasanya antara 2-3 Hari. Ini mungkin besok keluar hasilnya. Kita berharap cepat keluar hasilnya, dan negatif. Kalau negatif berarti kita buka lagi layanan," terangnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam

Comment

Loading...