Logo PKI di Unhas Diduga Berawal dari Vandalisme Kampus

Beberapa gambar aksi vandalisme di beberapa bangunan kampus Unhas, Kota Makassar.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Beberapa bangunan Universitas Hasanuddin (Unhas) tampak terlihat jelas dengan aksi corat-coret tembok atau aksi vandalisme.

Sejumlah petugas yang bekerja di sana mengaitkan vandalisme itu dengan bendera Merah Putih yang sengaja digambar palu arit di tengahnya. Gambar itu identik dengan logo Partai Komunis Indonesia (PKI).

Seperti aksi vandalisme yang terlihat di dekat perpustakaan universitas berjuluk Kampus Merah tersebut. Petugas menduga, hobi mencoret tembok itu adalah awal mula bendera kebanggaan bangsa Indonesia itu digambari logo partai terlarang tersebut.

"Di sini sudah berkali-kali mahasiswa suka menggambar-gambar dan corat-coret di tembok. Beberapa kali dihilangkan dengan cara dicat, malah digambar lagi," kata salah satu petugas yang enggan namanya disebut, Sabtu (30/5/2020).

Dari beberapa gambar yang ditemukan, mereka menduga gambar tersebut memiliki arti dan menjadi awal mula palu arit digambarkan di sehelai bendera Merah Putih.

"Pasti ada artinya gambar yang seperti ini di tembok. Hanya yang tahu artinya itu adalah orang yang gambar. Kalau yang gambar palu arit itu kami baru tahu, saat banyak polisi datang," tambah dia.

Sebelumnya diberitakan, bendera Merah Putih bergambar logo PKI ditemukan di gedung lantai dua, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Unhas pada April 2020 lalu.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam


Comment

Loading...