Madrid Masih Kalahkan MU

Real Madrid masih menjadi klub paling bernilai/EFE

FAJAR.CO.ID, MADRID—Real Madrid mempertahankan statusnya sebagai klub sepakbola dengan nilai terbesar di Eropa. Dengan nilai 3,4 miliar euro atau sekitar Rp56 triliun, Los Blancos mengalahkan raksasa Inggris, Manchester United.

Menurut konsultan KPMG, Manchester United menempati posisi kedua dalam daftar most valuable club dengan nilai 3,3 miliar euro atau sekitar Rp54 triliun. Klub La Liga lainnya, Barcelona dengan nilai 3,1 miliar euro atau sekitar Rp52 triliun berada di posisi ketiga.

Melengkapi lima besar ada wakil Jerman, Bayern Muenchen  dan raksasa Inggris lainnya, Liverpool. Bayern Munchen menurut KPMG bernilai 2,8 miliar euro atau sekitar Rp46 triliun. Sementara Liverpool tercatat bernilai 2,6 miliar euro atau Rp43 triliun.

Ini tahun kedua berturut-turut Real Madrid menjadi klub sepakbola dengan nilai terbesar di Eropa menurut laporan The European Elite 2020, yang disusun oleh konsultan KPMG. Peningkatan yang dicapai Real Madrid dalam setahun adalah sebesar 8%.

Laporan itu menyebut bahwa Madrid menjadi klub paling bernilai berkat pemasukan besar yang mereka dapatkan selama lima tahun, yakni periode berlangsungnya studi tersebut (2016-2020). Dalam periode ini, Madrid memenangkan tiga gelar Liga Champions. Selain itu, juga kenaikan keuntungan dan peningkatan yang terakumulasi sebesar 41% dari pendapatan komersial.

Dikutip dari Aljazeera, penentuan nilai ini dibuat dengan menganalisis profitabilitas, popularitas, potensi olahraga, hak TV dan kepemilikan stadion hingga 1 Januari 2020. Itu berarti dampak pandemi coronavirus tidak dipertimbangkan.

Andrea Sartori, Kepala Olahraga Global KPMG dan penulis seri laporan penilaian klub sepakbola, mengatakan, nilai-nilai klub pasti terpengaruh dengan pandemi. Tapi dampak langsungnya belum bisa diukur.

“Untuk tahun ketiga berturut-turut, EV (enterprise value atau nilai perusahaan) keseluruhan dari 32 klub sepak bola Eropa yang paling menonjol telah meningkat sebesar 9% (35% dari tiga tahun terakhir),” tulis Andrea Sartori dikutip dari Accountancy Daily.

Melengkapi 10 besar klub paling bernilai ada Manchester City, Chelsea, Tottenham Hotspur, París Saint-Germain (PSG), dan Arsenal. Sementara Juventus, Borussia Dortmund, Atlético Madrid, Inter Milán, serta Schalke 04 ada di posisi ke-11 hingga 15. (amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Amir


Comment

Loading...