Pasokan Mengalir, Harga Bawang Merah Berangsur Turun

Sabtu, 30 Mei 2020 21:23

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID — Konsumen layak bernapas lega, harga bawang merah berangsur turun saat ini, seiring dengan bertambahnya pasokan dari sentra bawang merah. Diperkirakan harga akan normal kembali, setelah dimulainya panen di beberapa sentra besar utamanya Brebes.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo sebelumnya mengingatkan jajarannya, agar menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan di tengah kondisi ketidakpastian seperti sekarang ini, salah satunya komoditas bawang merah.

Pantauan Kementan, panen raya akan terjadi hingga pertengahan Juni nanti, dan mengisi kebutuhan Pasar Induk Kramat Jati di Jakarta dan sekitarnya. Roy, salah satu pedagang bawang merah di Pasar Induk Kramatjati menyebut pasokan bawang merah hari ini (30/5) sudah kembali normal.

“Hari ini masuk sekitar 20 mobil. Harga langsung turun. Untuk bawang merah super yang sempat di harga Rp 60 ribu sekarang jadi Rp 40 ribu per kilo. Yang ukuran sedang harganya Rp 31 ribu – Rp 35 ribu sekilo. Yang kecil malah udah di kepala 2 (20 ribuan-red). Itu semua harga di tingkat Bandar,” ujar Roy.

Dalam beberapa hari kedepan, Roy memperkirakan harga semakin turun, mengingat pasokan masuk dari berbagai daerah, seperti Brebes, Patrol Indramayu, Cirebon sampai Nganjuk.

Menurut Roy, beberapa waktu lalu memang pasokan dari Brebes kurang, namun sekarang mulai banyak lagi. Terjadinya kurang pasokan kemarin, akibat situasi perdagangan belum normal. “Tapi sekarang sudah berangsur normal, malah bisa-bisa untuk semua kelas ukuran turun harganya,” ujarnya.

Komentar