Preview Bayern vs Dusseldorf: Wajib Waspada

Bayern Munchen/Getty Images

FAJAR.CO.ID, MUNICH—Bayern Munchen akan menjamu tim papan bawah Fortuna Dusseldorf di pekan ke-29 Bundesliga, dinihari nanti. Ini ibarat duel Goliath versus David, namun Bayern tetap wajib menghormati tamunya.

RESPEK buat Fortuna Dusseldorf bukan tanpa alasan. Sejak kedatangan pelatih Uwe Roesler pada Januari, Duesseldorf sudah menunjukkan performa luar biasa. Mereka hanya kalah sekali dalam sembilan pertandingan terakhir.

Pada laga terakhir tengah pekan ini, mereka mengalahkan tim kuat, Schalke 04 dengan skor 2-1. Kemenangan itu mengamankan posisi mereka di peringkat ke-16 klasemen sementara yang juga merupakan zona playoff degradasi.

Meski begitu, Bayern jelas tetap diunggulkan memenangi laga di Allianz Arena ini. Dikutip dari situs resmi Bundesliga, mereka tidak terkalahkan dalam 11 pertandingan terakhir  di Bundesliga melawan Fortuna.

Selain itu, Bayern yang menang sembilan kali dalam 11 duel itu juga hampir selalu berpesta gol. Thomas Muller dan kawan-kawan mencetak setidaknya tiga gol dalam enam pertemuan terakhir mereka dengan klub Rhineland itu.

Bayern sendiri saat ini hanya membutuhkan empat kemenangan dalam enam partai terakhir mereka untuk mengunci gelar. Dengan poin 76, Bayern tidak akan mungkin terkejar lagi oleh pesaing terdekatnya, Borussia Dortmund yang maksimal hanya bisa mengoleksi 75 poin hingga akhir musim.

Terlepas dari itu, Pelatih Bayern, Hansi Flick memastikan anak asuhnya tidak akan gegabah dalam persaingan gelar meski mereka berpeluang besar mempertahankan gelar. "Aku tidak hidup di masa depan," tegasnya ketika ditanya apakah Bayern akan memenangkan gelar dikutip dari dw.com.

Pernyataan Flick tentu menjadi sebuah isyarat bahwa mereka akan menyambut kedatangan Fortuna Dusseldorf dengan serius. Dan pasti ia akan menurunkan komposisi terbaiknya, termasuk Robert Lewandowski yang kini menjadi top skor Bundesliga dengan 27 gol.

Pemain lain yang hampir dipastikan ada dalam barisan starting eleven adalah Joshua Kimmich. Pada laga Der Klassiker kontra Dortmund di pekan ke-28, pemain serba bisa Jerman itu menjadi pahlawan kemenangan lewat gol chip cantiknya.

“Dia banyak bergerak. Dia bisa menyerang sambil juga bertindak sebagai pendukung pertahanan. Dia mendorong rekan tim, dia fokus dan memiliki mental juara. Tidak hanya di tim dan di pelatihan,” kata Flick di Reuters.

Roesler sementara itu berharap bisa melanjutkan penampilan apik timnya di markas Bayern. Menurutnya, jika mampu bermain seperti saat mengalahkan Schalke 04, ia percaya mereka bisa menyulitkan Bayern dan menjauh dari zona degradasi. “Dengan sikap seperti ini kami memiliki peluang besar,” kata Roesler.

Ia mengklaim bahwa tim asuhannya mengalami banyak kemajuan. “Kami melihat peningkatan yang pasti, tetapi kami perlu mengubah beberapa hasil imbang kami menjadi kemenangan. Ada proses peningkatan, menjadi lebih baik dan konsisten tetapi kami hanya mengambil game demi game. Kami hanya perlu tetap tenang dan melanjutkannya,” tegasnya di situs resmi The Citizens.

Pada laga ini, Bayern masih kehilangan gelandang tengah, Corentin Tolisso dan Thiago. Niklas Sule juga masih terlalu dini untuk kembali bersama Philippe Coutinho. Di pihak Dusseldorf, mereka tidak memiliki masalah cedera baru meski kiper Zack Steffen tetap absen. (amr)

Prakiraan pemain

Bayern Munchen (4-2-3-1): Neuer; Pavard, Boateng, Alaba, Davies; Kimmich, Goretzka; Gnabry, Müller, Coman; Lewandowski

Pelatih: Hansi Flick

Fortuna Dusseldorf (3-5-2): Kastenmeier; Ayhan, Hoffmann, Suttner; Zimmermann, Stoger, Bodzek, Morales, Thommy; Karaman, Hennings

Pelatih: Uwe Rösler

Head to head

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Amir


Comment

Loading...