Sering Ada Acara Malam, Lokasi Penemuan Logo PKI Awalnya Tak Mencurigakan

Sabtu, 30 Mei 2020 21:20

Lokasi penemuan logo PKI. FOTO: ISHAK/FAJAR

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Banyak yang tak menyangka, sekretariat yang kerap dijadikan tempat berkumpul mahasiswa itu mengibarkan bendera Merah Putih yang dinodai gambar palu dan arit. Gambar itu identik dengan logo Partai Komunis Indonesia (PKI).

Logo partai terlarang di Indonesia itu ditemukan muncul pada sebuah gedung lantai dua di samping UPT Pusat Bahasa, Universitas Hasanuddin (Unhas) pada April 2020 lalu. Lama sebelum ditemukan, mahasiswa di sana kerap berkumpul bahkan hingga malam hari.

Aparat keamanan dan petugas kebersihan di sana tidak menaruh curiga dengan aktivitas mahasiswa, yang sering berkumpul di sana.

“Sebelum ada Covid-19, mahasiswa di sini sering menggelar acara. Sebagian juga ada yang sering menginap di sana. Tetapi tetap tak ada yang mencurigakan,” kata salah satu petugas yang enggan namanya disebut ke Fajar.co.id, Sabtu (30/5/2020).

Pantauan di lokasi siang tadi, sekitar pukul 14.30 Wita, tempat penemuan logo partai terlarang itu sepi tak berpenghuni. Beberapa properti dalam sekretariat seperti kursi, meja, dan alat minum di sana ditaruh begitu saja.

Diduga, sekretariat tersebut adalah tempat perkumpulan para mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip), Unhas. Menurut pengakuan petugas di sana, tidak ada yang mengenal wajah mahasiswa yang paling sering beraktivitas di sana.

“Kami tidak lihat siapa yang ganmbar dan pasang logo itu di sana. Kami baru tahu itu saat ada polisi datang. Akses menuju sekret itu pun ditutup dan sudah dipagari serta digembok oleh pihak keamanan kampus,” tambah dia.

Komentar