Tekan Penyebaran Covid-19, PMI Kerahkan Dua Unit Kendaraan Gunner Spraying


FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Palang Merah Indonesia (PMI) Sulsel mengerahkan dua kendaraan taktis ‘gunner spraying’ untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke sejumlah titik jalan protokol dalam upaya pecegahan dan memutus mata rantai penyebaran covid-19. 

Selain dua unit mobil gunner spraying, PMI Sulsel juga mengerahkan 6 unit mobil grandmax guna menunjang penyemprotan secara handspraying. 

Koordinator Operasional PMI pusat, Husain Abdullah mengatakan, operasi tersebut sebagai satu upaya dalam menekan penyebaran Covid-19 di Sulsel, khususnya Kota Makassar yang angka penyebarannya masih tinggi. 

“Upaya ini diharapkan bisa memutus mata rantai Covid-19. Seperti diketahui, Makassar  yang mulanya akan membuka aktivitas publik ternyata belum memungkinkan, artinya  tingkat penyebarannya masih tinggi,” kata Husain, Sabtu (30/5/2020).

Husain menambahkan, penyemprotan disinfektan tersebut akan dilakukan setiap hari secara masif selama dua bulan kedepan. 

“Dijadwalkan setiap hari selama delapan jam, yang meliputi Makassar, Maros, dan Gowa. Ridak menutup kemungkinan kalau Kabupaten lain kita anggap perlu, maka kita akan Semprot juga kabupaten yang masuk zona merah dan mendesak untuk dilakukan disinfeksi,” tuturnya. 

Adapun target penyemprotan, kata dia adalah fasilitas publik, jalan protokol, halte, tempat nongkrong, serta trotoar. 

Dengan penyemprotan tersebut, diharapkan bisa membuat penyebaran virus Covid-19 di Kota Makassar bisa melandai. 

Menurut Husain, masyarakat tidak usah khawatir karena bahan yang dipakai dalam disinfektan tersebut ramah lingkungan. Peracikan disinfektan di bawah pengawasan Fakultas Farmasi Unhas dan juga melibatkan Dinas Kesehatan. 

Komentar

Loading...