Asrul Sani Nilai Ruslan Buton Tidak Perlu Ditangkap

Minggu, 31 Mei 2020 18:43

Ruslan Buton

“Apalagi kalau apa yang disampaikan oleh terduga pelakunya di ruang publik atau medsos belum menimbulkan akibat apa-apa atau tidak disertai dengan tindak pidana lainnya seperti misalnya mengangkat senjata atau memberintak terhadap pemerintah,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Arsul menuturkan, silakan saja Polsi melakukan penyelidikan jika apa yang terucap atau ditulis oleh seseorang itu di ruang publik atau medsos terindikasi tindak pidana. Namun proses hukumnya bukan langsung menangkap. Karena ketika belum ada indikasi akibat dari ucapan atau tulisan tersebut berpengaruh kepada publik.

“Polisi harusnya meminta keterangan ahli dulu apakah yg diucapkan atau ditulis itu terindikasi tindak pidana berdasarkan pasal pidana tertentu atau tidak, bukan langsung bertindak begitu tahu ada ucapan atau tulisan semacam itu,” tegasnya

Oleh sebab itu, Arsul meminta agar Polri ke depan semakin akuntabel melaksanakan kewenangannya, terutama dalam menangani tindak pidana yang non kejahatan dengan kekerasan. Jadi jangan sampai kerja-kerja positif Polri dalam penindakan kejahatan yang membahayakan masyarakat.

Bagikan berita ini:
8
6
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar