Bisa Gelar Akad Nikah di Rumah Ibadah, Ini Syaratnya

Minggu, 31 Mei 2020 10:00

Ilustrasi pernikahan-- pixabay

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Tempat ibadah selain digunakan untuk melaksanakan kewajiban umat muslim maupun non muslim nampaknya juga dapat digelar kegiatan sosial keagamaan seperti akad nikah. Hal tersebut tertuang dalam Surat Ederan nomor SE. 15 Tahun 2O2O tentang panduan penyelenggaraan kegiatan kegamaan dirumah ibadah dalam mewujudkan masyarakat produktif dan aturan Covid di masa pandemi.

Dalam SE tersebut, akad nikah dapat dilakukan di rumah ibadah namun tetap memperhatikan protokol kesehatan agar tidak terjadi penularan dan penyeberangan virus yang besar dalam satu ruangan.

“Memastikan semua peserta yang hadir dalam kondisi sehat dan negatif Covid-19, Membatasi jumlah peserta yang hadir maksimal 2O% (dua puluh persen) dari kapasitas ruang dan tidak boleh lebih dari 30 orang dan Pertemuan dilaksanakan dengan waktu seefisien mungkin,” demikian bunyi Surat Edaran yang diterima fajar.co.id pada Minggu (31/5/2020).

Tidak hanya mengatur protokol kesehatan akad nikah, namun untuk pelaksanaan ibadah pun, pengurus atau penanggungjawab rimah ibadah memiliki kewajiban yang sudah diatur dalam surat edaran yang dikeluarkan Jenderal TNI yang pernah menjabat sebagai Wakil Panglima pada masa Presiden RI-4 Abdurrahman Wahid itu.

Bagikan berita ini:
7
2
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar