KUP Salurkan Sembako di Episentrum Baru Covid-19

Kado Untuk Pahlawan (KUP)

FAJAR.CO.ID, SURABAYA– Kado Untuk Pahlawan (KUP) adalah gerakan sosial yang diinisasi oleh sejumlah pemuda dari berbagai kampus di Indonesia, untuk membantu masyarakat terdampak Covid-19 dengan memberikan bantuan paket sembako.

Para penggerak di gerakan sosial ini rata-rata terdiri dari para aktivis kampus maupun mantan aktivis, yang kini sudah berkarier dimana mereka memiliki keresahan yang sama untuk membantu masyarakat, khususnya pekerja informal yang mengalami penurunan pendapatan bahkan PHK akibat Covid-19.

“Kami merasa resah ketika terjadi masalah tetapi tidak bisa berbuat sesuatu untuk masyarakat. Akhirnya kami coba manfaatkan jejaring kami dengan para alumni, kawan lintas kampus, maupun adik tingkat kami untuk membentuk satu gerakan sosial,” ujar Murti, selaku salah satu penggagas gerakan KUP di Palembang, Minggu (31/5/2020).

Selain melakukan penyaluran bantuan sembako, strategi yang dilakukan KUP untuk menggalang dana secara kreatif antara lain menyelenggarakan webinar, konten edukasi, dan desain karikatur. Kegiatan yang diselenggarakan tersebut sifatnya membuka ruang untuk melakukan donasi secara sukarela bagi partisipan webinar maupun mereka yang berminat dibuatkan karikatur tanpa tarif yang dipatok.

“Alhamdulillah dari serangkaian kegiatan yang kami lakukan sejak 1 bulan lalu, kami berhasil mengumpulkan dana yang cukup untuk dikonversi dalam bentuk sembako. Kami berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa Jawa Timur untuk menyalurkan sembako di salah satu kecamatan di Kota Surabaya mengingat wilayah ini kini menjadi wilayah yang paling parah terdampak,” tutur Murti.

Paket sembako tersebut berisi beras, gula, minyak, mie instan, snack, kecap, dan energen disalurkan oleh perwakilan KUP dan Dompet Dhuafa Jawa Timur di Kelurahan Gundih Kecamatan Bubutan Kota Surabaya.

Komentar

Loading...