Mentan RI: Krisis Apapun, Sektor Pertanian Takkan Goyah

Menteri Pertanian (Mentan) RI, Syahrul Yasin Limpo -- fajar

FAJAR.CO.ID, GOWA – Menteri Pertanian (Mentan) RI, Syahrul Yasin Limpo kembali ke kampung halamannya, di Kabupaten Gowa. Dia didampingi keponakannya yang kini menjabat sebagai Bupati di Butta Bersejarah ini. Namanya Adnan Purichta Ichsan.

Namun bukan untuk berkumpul dengan keluarga besarnya. Mantan Gubernur Sulsel dua periode ini melakukan kunjungan kerja dalam rangka peninjauan penerima manfaat Pekarangan Pangan Lestari (P2L) di Desa Borong Pala’la, Kecamatan Patallasang, Minggu (31/5/2020).

Komandan, julukan Syahrul Yasin Limpo (SYL) memantau hasil pertanian warga di sana yang memanfaatkan lahan pekarangan rumahnya, untuk menghasilkan aneka sayur-sayuran. Meski pandemi Covid-19 melanda, kata dia, sektor pertanian tidak goyah sedikit pun.

“Dalam kondisi Covid-19 dan krisis apa saja, selama ini pertanian jadi jawaban. Makanya, mari kita sama-sama galakkan pertanian. Tak perlu lahan besar. Di lahan keluarga atau di sekitar kita sangat penting,” kata Syahrul di depan ratusan warga Desa Borong Pala’la.

Usai memberikan sambutan hangat, SYL menyempatkan diri untuk melihat langsung tanaman hasil pertanian milik warga sekitar. Di sana, tampak seluruh aneka sayur mayur milik warga tampak subur. Bahkan beberapa di antaranya ada yang telah mendekati masa panen. Di antaranya lombok merah dan terong.

Kondisi tanah di sana pun tampak basah akibat hujan yang mengguyur daerah yang pernah ia pimpin sebagai bupati, pada tahun 1992 hingga 2002 lalu. Air hujan yang turun berdampak pada persediaan air bagi warga sekitar.

Komentar


KONTEN BERSPONSOR