Protes Antirasial di AS Makin Meluas

Minggu, 31 Mei 2020 09:41

Konfrontasi antara pengunjuk rasa dan polisi di Flatbush, Brooklyn, pada hari Sabtu, 30 Mei 2020. (Foto: Chang W. Lee / The New York Times)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Demonstrasi mengecam kematian George Floyd meluas ke seantero Amerika Serikat. Dalam aksi protes besar itu, Minneapolis sebagai episentrum dari masa aksi.

Dilansir dari Guardian, Sabtu (30/5), aksi protes terjadi di sejumlah wilayah lain, termasuk New York, Washington, Atlanta, Houston, Portland dan lainnya sepanjang Jumat (29/5).

Di Brooklyn, demonstran bentrok dengan aparat keamanan. Sebagian warga melemparkan botol air ke petugas, yang kemudian dibalas dengan granat asap.

Polisi menahan beberapa orang yang dianggap sebagai provokator. Sebagian pengunjuk rasa yang merupakan etnis kulit hitam meminta warga kulit putih untuk membentuk barikade agar dapat menahan terjangan polisi.

Kericuhan juga terjadi di sekitar gedung kantor berita CNN di Atlanta. Seorang pedemo terlihat membakar sebuah mobil polisi di sekitar gedung tersebut. Seperti di Brooklyn, aparat juga menembakkan gas air mata untuk membubarkan massa.

Ratusan pedemo juga berunjuk rasa di taman Civic Center Park di Denver, Colorado. Mereka meneriakkan slogan dukungan untuk keluarga Floyd dan mengecam keras tindakan brutal polisi terhadap orang kulit hitam di AS.

Bagikan berita ini:
8
2
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar