Rocky Gerung: Cuma Dua Itu yang Diperintahkan Konstitusi untuk Presiden

Pengamat dan Filsuf Rocky Gerung-- jawa pos

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Pengamat dan filsuf Rocky Gerung blak-blakan menyebutkan hanya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang konsisten mengkritisi pemerintah. Mengingatkan penguasa untuk menjalankan amanat konstitusi, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan memelihara fakir miskin.

"PKS berulang kali mengingatkan agar penguasa kembali ke amanat konstitusi. Yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Itu yang diulang-ulang tetapi tidak masuk di kepala penguasa," kata Rocky di akun YouTube Trilogi TV, baru-baru ini.

Dia menegaskan, kita tidak bisa memberikan kesempatan seolah-olah kekuasaan itu adalah mulia. "Justru sekarang dengan adanya krisis Covid-19 bisa kelihatan kekuasaan makin memburuk perangainya," ujarnya.

"Bukan sekadar perangai dalam kebijakan tetapi sikap otoriternya. Salah satunya melarang orang mengkritik pada kebijakan penanganan Covid-19. Beberapa orang dipanggil aparat karena mengkritisi pemerintah," sambungnya.

Rocky mengaku selalu bersemangat kalau ada dalam forum PKS karena selalu dalam komunikasi akal sehat. PKS dinilai selalu ingin mengevaluasi bangsa ini dengan parameter konstitusi, yakni kecerdasan bangsa dan kondisi fakir miskin.

"Cuma dua itu yang diperintahkan konstitusi untuk presiden. Cerdaskan kehidupan bangsa, pelihara fakir miskin," ucapnya.

Memang, lanjut Rocky, kalau dibuat sinopsis per hari ini, kecerdasan kita merosot, fakir miskin bertambah. Jadi itu problem utama. Di dalam kemerosotan kecerdasan tentu ada kegagalan pendidikan. Di dalam bertambahnya kemiskinan pasti ada kesalahan kebijakan.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah Umar


Comment

Loading...