Usia 29-45 Tahun Dominasi Pasien Covid-19 Sembuh, Masyarakat Harus Optimis

Minggu, 31 Mei 2020 17:46

Juru Bicara Pemerintah Untuk Covid-19 Achmad Yurianto

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Masyarakat diminta optimistis bahwa Covid-19 bisa disembuhkan. Keyakinan itu dibuktikan dengan data jumlah pasien sembuh yang bertambah ratusan orang setiap hari. Pada Minggu (31/5) ada pertambahan 293 pasien sembuh dengan total menjadi 7.308.

Bahkan pada Sabtu (30/5) jumlah pasien sembuh mencapai rekor tertinggi dengan tambahan 523 pasien sembuh. Juru Bicara Pemerintah Untuk Covid-19 Achmad Yurianto meminta masyarakat untuk optimistis bahwa Covid-19 bisa disembuhkan.

“Yang membawa optimisme kita, bahwa banyak kasus sembuh. Bahwa kita mampu menyembuhkannya,” jelasnya dalam konferensi pers, Minggu (31/5).

Dan usia muda adalah yang paling cepat pulih dari sakit pernapasan itu. Sedangkan pasien meninggal didominasi kelompok rentan seperti lansia dan dengan penyakit komorbit.

“Sebagian besar pasien sembuh memang kelompok usia 29-45 tahun. Artinya pada kelompok inilah yang cepat pulih, bisa cepat sembuh,” paparnya.

Untuk sebaran pasien positif di beberapa provinsi, kata dia, masih ada kecenderungan kenaikan kasus, misalnya di Jawa Timur bertambah 244 positif. DKI Jakarta bertambah 118 kasus positif.

“DKI Jakarta tak hanya berasal dari penduduk DKI tetapi juga pekerja migran yang baru kembali. Ada 1.000 lebih yang masuk dari Bandara Soekarno Hatta,” kata Yurianto.

Lalu Nusa Tenggara Barat mengalami kenaikkan kasus 45 orang. Jawa Tengah bertambah 37 orang. Sulawesi Selatan bertambah 31 orang.

Komentar