Rocky Gerung Bandingkan Jokowi dengan Kaisar Jepang Hirohito, Ini Dibeber

Pengamat dan Filsuf Rocky Gerung-- jawa pos

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Nasib guru honorer di Indonesia yang hidup di bawah standar kehidupan layak rupanya mendapat perhatian Rocky Gerung.

Pengamat dan filsuf ini menilai, rendahnya kesejahteraan guru honorer karena Presiden Joko Widodo tidak memahami esensi dari dunia pendidikan.

Dia lantas membandingkan Jokowi dengan Kaisar Jepang Hirohito dalam memperlakukan guru.

Hirohito dinilai lebih memuliakan guru dibandingkan Jokowi.

"Kaisar Hirohito pada saat dilaporkan panglima perangnya bahwa Herosima dan Nagasaki sudah dibumihanguskan oleh bom sekutu, langsung memanggil kabinetnya. Dia bertanya berapa guru yang tersisa. Dan, saya akan kembali membangun Jepang," kata Rocky dalam akun YouTube Trilogi TV, Minggu (31/5)

Rocky mengatakan, sikap Kaisar Hirohito itu menunjukkan optimistis yang tinggi. Dia yakin dengan bantuan guru-guru bisa membangun Jepang.

Karena dia tahu, dari tangan guru-guru itu bisa mencetak generasi bangsa yang qualified.

"Sikap optimistis tidak dihasilkan oleh pemimpin yang gugup dan gagap. Contohnya Hirohito yang tidak gagap melihat Herosima Nagasaki jadi puing-puing. Dia justru dengan tabah melihat rakyatnya menderita dan kemudian bangkit bersama guru-guru membangun Jepang," tuturnya.

Hasilnya, lanjut Rocky, Jepang mampu new normal 20 tahun kemudian.

Dua dekade setelah Herosima Nagasaki hancur, puing-puingnya masih di situ tetapi Jepang sudah tumbuh sebagai negara yang memiliki teknologi mutakhir, dan infrastruktur berkembang pesat.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah+Umar


Comment

Loading...