Rusuh AS, Gedung Putih Salahkan Iran, Rusia, Tiongkok, hingga Zimbabwe

Senin, 1 Juni 2020 12:01

Warga Amerika Serikat yang mengambil bagian dalam protes Black Lives Matters akibat pembunuhan George Floyd, di Kota Okl...

FAJAR.CO.ID, GEDUNG PUTIH — Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Robert O’Brien mengulang pernyataan Senator AS Marco Rubio, yang menuding beberapa negara asing, yang ia sebut sebagai “musuh Amerika Serikat”, terlibat dalam protes yang sedang berlangsung di Amerika Serikat.

“Marco Rubio benar 100 persen bahwa musuh-musuh asing kita mengambil keuntungan dari krisis saat ini untuk memprovokasi kekacauan dan merusak demokrasi kita. Kita tidak akan membiarkan ini terjadi,” kata Robert O’Brien kepada ABC News dilansir iranpress, Minggu malam.

Ditanya apakah Rusia mengambil keuntungan dari situasi ini, penasihat keamanan nasional Gedung Putih mengatakan “Ya, aktivis Rusia mungkin terlibat, tetapi saya melihat bahwa seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok menyerang Departemen Luar Negeri. Oleh karena itu, masalah ini datang langsung dari pemerintah (Cina),” tandasnya.

Dia bahkan menuduh Iran ikut campur dalam protes anti-rasisme di Amerika Serikat, dengan menambahkan: “Lihat, Iran sudah pasti aktif di bidang ini.” Kami memiliki beberapa alat, tetapi kami bekerja erat dengan sekutu kami.

Bagikan berita ini:
5
7
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar