1.000 Warga Kota Palu Segera Jalani Rapid Test, Beberapa Kategori

Selasa, 2 Juni 2020 09:45

Ilustrasi-- Petugas Puskesmas Rangkah melakukan rapid test kepada anak yang tinggal di kawasan Jalan Bogen I, Sabtu (16/...

FAJAR.CO.ID, PALU — Pemerintah Kota Palu dan Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), segera melakukan tes cepat Covid-19 kepada 1.000 warga Palu mulai Selasa (2/6). Tes cepat diperuntukkan bagi beberapa kategori.

”Antara lain ibu hamil yang sudah menjelang waktu melahirkan dan pelaku perjalanan yang mempunyai surat tugas yang dikeluarkan pejabat yang berwenang,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulteng selaku Wakil Sekretaris Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulteng Reny Lamadjido seperti dilansir dari Antara usai menyerahkan 1.000 kit alat tes cepat kepada Pemkot Palu pada Senin (1/6).

Selain itu, lanjut dia, tes cepat juga diperuntukkan bagi pegawai negeri sipil (PNS), anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI), Polisi Republik Indonesia (Polri), badan usaha milik negara (BUMN), anggota legislatif dan yudikatif di wilayah Pemkot Palu. ”Masyarakat yang pernah melakukan kontak erat dengan pasien positif Covid-19 dan belum pernah memeriksakan diri juga masuk kategori,” ujar Reny.

”Pelaku perjalanan yang tiba di ibu kota Provinsi Sulteng baik melalui pelabuhan udara dan laut juga. Yang surat keterangan rapid test-nya sudah kedaluwarsa atau belum dilakukan pemeriksaan rapid test,” tambah Reny.

Tes cepat, menurut dia, akan dilakukan di Posko Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulteng di Kantor Dinkes Sulteng di Kota Palu. Meski begitu, Reny menyatakan, untuk teknis pelaksanaan tes cepat diserahkan seluruhnya ke Pemkot Palu melalui Dinkes Palu. Kebijakan ini, berdasar hasil rapat dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Sulteng yang dihadiri perwakilan maskapai penerbangan.

Komentar