7.272 CJH Sulsel Batal Berangkat Haji Tahun Ini

Selasa, 2 Juni 2020 14:30

ILUSTRASI

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Kementerian Agama meminta penyelenggara ibadah haji menataati aturan pembatalan ibadah haji tahun ini. Tak ada lagi yang melanggar keputusan pemerintah.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sulsel, Kaswad Sartono mengatakan, aturan pembatalan ibadah haji tahun ini sudah diputuskan oleh menteri agama. Dia berharap semua bisa menerima keputusan tersebut.

Terkait masalah jemaah, kata dia, kuota Sulsel tahun ini sebanyak 7.272 orang. Pihaknya segera memproses jika memang ada jemaah yang ingin meminta pengembalian pembayaran biaya pelunasan yang mereka setorkan.

“Dari jumlah tersebut ada 208 yang sebetulnya belum membayar lunas. Meski begitu sudah ada cadangan yang telah melakukan pelunasan. Tetapi ada keputusan pembatalan dari pemerintah pusat terkait kebijakan haji,” bebernya, siang tadi.

Dia menambahkan semua Kanwil kabupaten/kota akan segera memproses jika ada jemaah yang ingin meminta pengembalian pelunasan. Jemaah yang telah melakukan pelunasan tahun ini pun, akan diberangkatkan tahun depan.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulsel Anwar Abubakar menjelaskan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih), bagi jemaah haji reguler dan khusus yang telah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) tahun ini akan menjadi jemaah haji tahun 2021 atau 1442 Hijriah. Setoran pelunasan Bipih yang dibayarkan akan disimpan dan dikelola secara terpisah oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

Bagikan berita ini:
1
3
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar