Muhammadiyah Layangkan Somasi, Ade Armando Sebut Din Syamsuddin Dunggu

Selasa, 2 Juni 2020 08:43

Postingan Ade Armando di akun Facebooknya

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Organisasi Muhammadiyah melayangkan somasi kepada dosen Universitas Indonesia, Ade Armando yang dianggap telah menghina Din Syamsudin di media sosial facebook miliknya.

Ade menanggapi agenda diskusi virtual yang digagas Muhammadiyah dengan judul ‘Menyoal Kebebasan Berpendapat dan Konstitusionalitas Pemakzulan Presiden di Masa Pandemi Covid-19’. Namun di keterangan unggahan Ade, Ia menyebut Din Syamsudin dungu.

”Isu pemakzulan Presiden digulirkan Muhammadiyah. Keynote Speakernya Din Syamsudin, si dungu yang bilang konser virtual Corona menunjukkan pemerintah bergembira di atas penderitaan rakyat,” tulis Ade di akun Facebooknya, pada Senin, (1/6/2020).

Lewat surat somasi yang ditandatangani oleh Wakil Ketua Pemuda Muhammadiyah Jawa Tengah, Andika Budi Riswanto menilai, tulisan Ade mengandung unsur pencemaran baik.

“Postingan tersebut mengandung unsur fitnah dan pencemaran nama baik yang sangat menyakitkan bagi warga Muhammadiyah,” kata Andika Budi Riswanto dalam surat somasinya.

Andika menjelaskan, postingan Ade Armando, telah masuk dalam unsur pidana melanggar Pasal 27 ayat (3) UU ITE dengan ancaman pidana 4 tahun dan/atau denda paling banyak Rp 750 juta.

Ade diminta untuk memohon maaf secara terbuka di 5 media massa. Jika dalam jangka waktu 5 hari tidak ada itikad baik Ade Armando, maka Muhammadiyah akan tempuh jalur hukum

“Melalui lima media massa televisi nasional, lima media massa cetak nasional, lima media massa berbasis jaringan internet nasional, dan di halaman media-media social Ade Armando,” kata Andika. (fin/fajar).

Bagikan berita ini:
1
6
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar