Penelitian! Ukuran Jari Petunjuk Peluang Hidup Pasien Covid-19

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID– Percaya atau tidak, ternyata ukuran jari tangan seseorang bisa menjadi petunjuk peluang hidup pasien Covid-19, khususnya pada pria. Mengapa bisa demikian? Penelitian membuktikan ukuran jari tangan bagian telunjuk dan jari manis bisa menjadi indikatornya.

Dilansir dari Science Times, Selasa (2/6), statistik menunjukkan bahwa ada tingkat kematian yang lebih tinggi pada laki-laki dibandingkan dengan perempuan yang terinfeksi virus Korona. Sebab, para ilmuwan berpendapat bahwa pria lebih jarang mencuci tangan secara teratur.

Selain itu, biasanya para pria tidak mencari bantuan medis dan memiliki sistem kekebalan yang secara genetik lebih lemah daripada perempuan. Atau mungkin juga memiliki kondisi kesehatan mendasar lainnya yang membuat mereka lebih rentan terhadap infeksi.

Tapi selain indikator di atas, Peneliti John Manning dari Swansea University bersama Bernhard Fink dari Biosocial Science Information, Austria, merilis informasi baru tentang tingkat kematian pria dalam kaitannya dengan panjang jari manis. Dikatakan pria yang memiliki jari manis dan telunjuk lebih panjang memiliki peluang hidup yang lebih baik saat terinfeksi Covid-19.

Sebelumnya percobaan khusus menganalisis jari manis dan jari telunjuk telah dilakukan dari kasus SARS-CoV dan MERS-CoV. Dari analisis tersebut terungkap bahwa pria cenderung menghasilkan respons imun yang kurang kuat daripada perempuan dan lebih rentan terhadap berbagai agen infeksi. Hal ini berkaitan dengan testosteron (hormon pada pria) mungkin memiliki efek negatif pada sistem kekebalan tubuh seseorang.

  • Bagikan