Selama Pandemi Corona, Pencatatan Pernikahan KUA Turun Drastis

Selasa, 2 Juni 2020 13:41

ILUSTRASI. (int)

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Kantor Urusan Agama (KUA) se-Sulawesi Selatan mencatat sebanyak 2.740 pasang pengantin resmi membina bahtera rumah tangga pada April 2020 di tengah pandemi Covid-19.

Diketahui hal tersebut mengalami penurunan yang cukup signifikan dari bulan sebelumnya. Kepala Seksi Kepenghuluan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Moh Rezki Darma membenarkan hal tersebut.

“Data peristiwa nikah di bulan Maret tercatat di KUA sebanyak 4.387 pasang sementara pada bulan April tercatat di KUA 2.740 pasang,” ucapnya, Selasa (2/6/2020) kepada Fajar.co.id.

Menurutnya penurunan angka tersebut terjadi karena tingkat kesadaran masyarakat yang mulai tumbuh untuk menunda, menjadwal ulang atau membatalkan rencana akad nikah karena kondisi pandemi virus Corona.

Ditambah kata dia, sejak April hingga Mei 2020 mekanisme pelayanan akad nikah di KUA diperketat dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai kebijakan yang telah diatur pemerintah serta akad nikah hanya dilaksanakan di balai nikah atau KUA.

“Upaya sosialisasi oleh aparat KUA secara intens kepada masyarakat tentang ketentuan yang mengatur protokol layanan nikah di masa pandemi covid 19,” tutup Rezki. (anti/fajar)

Bagikan berita ini:
1
7
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar