Gulirkan Ekonomi, Pemkot Buat Protokol Kesehatan di Pasar

Rabu, 3 Juni 2020 09:19
Belum ada gambar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pandemi masih berlangsung, namun ekonomi tak boleh berhenti. Pemkot Makassar berupaya untuk terus membuatnya berputar.

Penjabat Wali Kota Makassar, Prof Yusran Jusuf mau, ekonomi masyarakat tetap terpacu. Meski begitu, ia juga tidak ingin persoalan kesehatan terabaikan.

“Kita akan buatkan protokol kesehatan di semua sektor ekonomi. Misal ada panduan khusus di pasar, di pusat perbelanjaan, dan sektor-sektor lainnya,” ujar Yusran, Rabu (3/6/2020).

Keinginan Yusran ini pun disambut baik Perusahaan Daerah (PD) Pasar Makassar Raya. Pandemi tak boleh menganggu ekonomi berputar, terutama aktivitas di pasar.

Direktur Operasional Perusahaan Daerah (PD) Pasar Makassar Raya, Saharuddin Ridwan mengatakan, mulai hari ini, telah diterapkan protokol kesehatan terkait rambu-rambu kenormalan baru di semua pasar di Makassar.

Di antaranya, semua pasar setiap hari harus disterilisasi dengan penyemprotan disinfektan. Kemudian setiap pedagang dan pembeli yang akan masuk jualan harus cuci tangan, diukur suhu badannya, dan menggunakan masker.

“Pasar menyiapkan pojok sehat untuk pelayanan bagi pedagang dan pembeli,” beber Saharuddin.

Selain itu, juga dipasang pesan-pesan kesehatan dan senantiasa pengelola pasar keliling untuk mengingatkan pedagang agar menjalankan protokol kesehatan. Itu sebagai tindak lanjut sesuai Perwali nomor 31 tahun 2020.

“Terpenting adalah jaga jarak saat berbelanja,” jelasnya.

Bagikan berita ini:
3
1
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar