Ini Daftar Bantuan di Bone, Dissos Pastikan Tak Ada Penerima Ganda

Kepala Dinas Sosial Bone, Andi Promal Pawi. (FOTO: AGUNG PRAMONO/FAJAR)

FAJAR.CO.ID, BONE — Selama masa pandemi Covid-19 ada banyak jenis bantuan di Bumi Arung Palakka. Macam-macam. Mulai dari pusat, provinsi, hingga kabupaten.

Ada Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), ada Bantuan Langsung Tunai (BLT) Jaring Pengaman Sosial (JPS) yang bersumber daei APBD, ada BLT Dana Desa, ada juga Bantuan Sosial Tunai (BST) Kementerian Sosial.

Kepala Dinas Sosial (Kadissos) Kabupaten Bone, Andi Promal Pawi mengatakan, untuk BPNT dari pusat nilainya Rp200 ribu. Itu berupa sembako dan sudah berjalan. Penerimanya ada sekitar 64 ribu warga. “Itu satu kartu dengan Program Keluarga Harapan (PKH),” katanya saat ditemui di kantornya Rabu (3/6/2020).

Kata dia, ada biasa yang mempersoalkan kenapa sudah meninggal masih terima, karena memang datanya dari pusat. Dan itu juga langsung ditransfer dari Kemensos.

Untuk BLT yang bersumber dari APBD ada Rp200 ribu dengan beras 5kg. Penerimanya sebanyak 20.726 rumah tangga.

Kalau BLT dana desa itu yang nilainya Rp600 ribu per bulan. Desa dan kelurahan sendiri yang mendatanya. Itu juga bersumber dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). “Yang dapat BLT APBD merupakan non program. Di luar PKH, BPNT, dan BLT dana desa,” jelasnya.

Mantan Kadis Kebudayaan Bone itu juga menjelaskan, untuk bantuan provinsi ada sembako sekitar 1000 paket. Sasarannya juga DTKS. Ada juga bantuan BST Kemensos, kurang kebih 20 ribu penerimanya. Itu diambil di kantor pos atau masuk langsung di rekening.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...