Mas Menteri Nadiem Dicari Mahasiswa, UKT di Tengah Pandemi Covid-19 Disoal

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Tagar #NadiemManaMahasiswaMerana jadi trending di Twitter. Ini seiring jadwal tahun pelajaran baru di perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Di tengah pandemi virus corona (Covid-19), mahasiswa yang akan memasuki semester baru protes atas pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) atau yang dulu dikenal sebagai SPP.

Mahasiswa yang menyuarakan protes lewat tagar #NadiemManaMahasiswaMerana meminta pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dipimpin Nadiem Makarim memberikan kompensasi pembayaran UKT.

“Ga bisa make segala fasilitas kampus, subsidi kuota ga pernah dikasih tapi kuliah daring tetap jalan dengan segala desakan desakan,sampai ukt pun harus tetap dibayarkan.. Seakan menari diatas penderitaan orang lain!#NadiemManaMahasiswaMerana,” kata akun @apasihbim.

Unggahan lainnya yang banyak disorot terkait proses belajar dan mengajar di lingkungan kampus. Mahasiswa harus belajar daring (online), bahkan beberapa jadwal seminar atau ujian harus tertunda.

“Pemberian Materi TERTUNDA. Bimbingan, Sidang, sampe Wisuda juga DITUNDA. KOK UKT GABISA DITUNDA? Lagi – lagi MAHASISWA YANG SENGSARA… #NadiemManaMahasiswaMerana #MendikbudDicariMahasiswa,” cuit akun @lutfihasan12.

Mahasiswa juga menyebutkan kondisi ekonomi keluarga mereka. Terlebih beberapa orang tua harus mengalami PHK dari tempat mereka bekerja.

“Banyak dari kami yang orang tua nya di PHK pak, banyak dari kami yang susah mencari uang di tengah pandemi ini, bukan nya alay dan bukan nya ngeluh emang ini fakta pak, sedangkan di tengah2 keadaan gini kami tertekan dengan biaya UKT #NadiemManaMahasiswaMerana,” ungkap @Difaalamsyah1. (msn/fajar)

  • Bagikan