Pemain dengan Bayaran Tertinggi: Dari Ronaldo hingga Oscar

Cristiano Ronaldo di rumahnya di Madeira/RUI SILVA / AFP via Getty Images

FAJAR.CO.ID, TURIN—Cristiano Ronaldo menjadi pemain sepak bola dengan bayaran tertinggi di dunia versi Forbes. Superstar Juventus tersebut berpenghasilan 105 juta dolar untuk mengungguli rival abadinya, Lionel Messi.

PENGHASILAN 105 juta dolar sebelum pajak yang didapatkan Ronaldo tersebut berasal dari sponsor, upah, dan bayaran lain terkait prestasi. Khusus sponsor, Ronaldo memperoleh 45 juta dolar dari Nike, Altice, Herbalife dan merek CR7-nya sendiri.

Total bayaran Ronaldo di 2020 ini satu juta dolar lebih banyak dari Lionel Messi. Sebagaimana dilansir Forbes yang dikutip dari Transfermarkt, Messi yang menjadi pemain dengan bayaran tertinggi 2019 berpenghasilan 104 juta dolar.

Kapten Barcelona dan tim nasional Argentina itu meraup pendapatan sebesar 32 juta dolar dari sponsor; Adidas, MasterCard dan PepsiCo. Sedangkan untuk Salary/winnings, ia menerima 72 juta dolar.

Posisi ketiga pemain dengan bayaran tertinggi di sepak bola adalah bintang Paris saint Germain (PSG), Neymar. Penyerang asal Brasil itu total berpenghasilan 95,5 juta dolar di 2020. Sebanyak 25 juta dolar di antaranya merupakan bayaran sponsor.

Khusus untuk keseluruhan cabang olahraga, tahun ini, Petenis Swiss, Roger Federer menjadi atlet dengan bayaran termahal. Ia menempati posisi teratas untuk pertama kalinya dengan penghasilan sebelum pajak sebesar 106,3 juta dolar.

Federer yang sudah memenangkan 20 Turnamen Grand-Slam dan menjadi atlet kesembilan yang berhasil menempati posisi teratas sejak 1990, tahun ini mendapat 100 juta dolar dari lapangan, berkat kesepakatan dengan Uniqlo, Credit Suisse dan Mercedes-Benz serta 10 mitra lainnya.

Petenis gaek itu melampaui Ronaldo dan Messi yang ada di posisi kedua dan ketiga atlet dengan bayaran terbesar sejagad. Sebelumnya, Ronaldo dan Messi bertukar posisi nomor satu dalam tiga dari empat tahun terakhir.

Ronaldo dan Messi sendiri total memperoleh 209 juta euro selama 12 bulan terakhir. Dengan demikian, ada penurunan pendapatan keduanya sebesar 28 juta dolar dari 2019. Penurunan ini salah satunya disebabkan pengurangan gaji dari klub akibat pertandingan liga dihentikan pada bulan Maret karena pandemi virus corona.

Secara keseluruhan, data Forbes memperlihatkan adalah 14 pemain sepak bola yang masuk dalam 100 atlet berpenghasilan tertinggi di planet ini untuk 2020. Jumlah tersebut dua lebih banyak dari pada tahun lalu.

Selain Ronaldo, Messi, dan Neymar, 11 pesepakbola yang masuk 100 besar adalah Mohamed Salah, Kylian Mbappe, Andres Iniesta, Mesut Ozil, Paul Pogba, Oscar, Antoine Griezmann, David de Gea, Alexis Sanchez, Garet Bale, dan Sergio Ramos. Dari seluruh nama ini, hanya Iniesta dan Oscar yang merumput di Asia.

Tahun ini, 100 atlet dengan bayaran tertinggi mendapat total 3,6 miliar dolar.  Itu turun 9% dibandingkan 2019 dan penurunan pertama sejak 2016, ketika pertarungan Floyd Mayweather dan Manny Pacquiao mendapat bayaran 400 juta dolar.

Menurut Forbes, pembayaran untuk atlet berpenghasilan tinggi dunia tahun ini turun untuk pertama kalinya dalam empat tahun. Pandemi COVID-19 menjadi malapetaka dimana beberapa even olahraga harus dibatalkan atau ditunda. (amr)

Pesepakbola dengan Bayaran Termahal 2020

Komentar

Loading...