Perintah Jokowi: Segera Dilaksanakan di Lapangan

Presiden Joko Widodo (BPMI Setpres/Muchlis Jr)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Perekonomian global saat ini tengah terpuruk cukup dalam akibat dampak Covid-19. Pasalnya, wabah virus tersebut membuat aktivitas pergerakan manusia dan ekonomi terbatas, sehingga adanya penurunan transaksi.

Presiden Jokowi pun meminta agar pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa dijaga. Seperti diketahui, pada kuartal pertama 2020, pertumbuhan ekonomi nasional tumbuh sebesar 2,97 persen.

Untuk periode kedepannya, Jokowi tidak menginginkan adanya kemerosotan secara mendalam pada pertumbuhan ekonomi nasional. Apalagi, International Monetary Fund (IMF) dalam laporan World Economic Outlook edisi April 2020 juga memperkirakan bahwa pertumbuhan ekonomi dunia tahun ini akan minus 3 persen.

“Kita harus mampu menahan agar laju pertumbuhan ekonomi tidak merosot lebih dalam lagi, tidak sampai minus,” tutur dia.

Dia pun berharap perekonomian bisa rebound dengan pasti. Maka dari itu, ia meminta skema program pemulihan ekonomi yang telah dirancang dapat segera diterapkan.

Mulai dari subsidi bunga untuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), penempatan dana untuk bank-bank yang terdampak. Kemudian, restrukturisasi, penjaminan kredit modal kerja, penyertaan modal negara (PMN)untuk BUMN.

“Investasi pemerintah untuk modal kerja saya harapkan, saya minta dan saya ingin pastikan ini harus segera operasional di lapangan, segera dilaksanakan di lapangan,” tegas dia. (jpc/fajar)

loading...
Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Komentar

Loading...