Tiongkok Beberkan Evaluasi Perangi Virus Corona

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID,JAKARTA-- Duta Besar Tiongkok Untuk Indonesia Xiao Qian mengungkap berbagai evaluasi dari hasil upaya Tiongkok memerangi Covid-19. Tiongkok percaya diri sudah berhasil mengendalikan wabah virus Korona jenis bru.

“Upaya gigih dan keras, situasi pencegahan dan pengendalian wabah Tiongkok telah mencapai hasil strategi yang signifikan. Sementara ini wabah kluster masih berada di beberapa daerah di Tiongkok, penyebaran pandemi global belum terkendali secara efektif,” kata Dubes Xiao Qian dalam konferensi pers virtual, Rabu (3/6).

Tiongkok akan terus berupaya mencegah kasus impor yang berpotensi menyebabkan epidemi gelombang kedua, serta mengkonsolidasikan hasil pencegahan dan pengendalian wabah. Dia mengakui bahwa Tiongkok telah menderita kerugian sangat besar akibat virus Korona.

“Ekonomi pada kuartal penama tahun ini mengalami penumbuhan negatif, tatanan kehidupan sosial sangat terpengaruh. Namun nyawa rakyat paling berharga sehingga kerugian ekonomi ini harus dan pantas dialami,” tuturnya.

Rakyat Tiongkok telah mempersatukan keyakinan dan mencapai konsensus untuk berupaya mencegah dan mengendalikan wabah, memajukan pembangunan ekonomi dan sosial, serta berusaha mencapai tujuan dan target sepanjang tahun ini. Dubes Xiao Qian menilai Tiongkok memiliki keunggulan politik dan sistem sosial yang unik, fondasi ekonomi yang kuat, potensi pasar yang besar, dan ratusan juta masyarakat yang pekerja keras dan cerdas.

Bantuan untuk Indonesia

Bicara soal situasi di Indonesia, Dubes Xiao Qian yakin Indonesia bisa menangani wabah. Tiongkok bersedia mendukung upaya pemerintah Indonesia dalam melawan pandemi Covid-19 dengan sesegera mungkin mengirimkan bantuan termasuk masker dan alat pelindung diri.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan