Covid-19 Mulai Terkendali di DKI Jakarta, Anies Baswedan Perpanjang PSBB

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan Jakarta masuk PSBB masa transisi. (Dok Diskominfotik DKI Jakarta)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskam memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ke tahap 4. Kendati demikian, Anies memastikan Covid-19 di ibu kota sudah mulai terkendali.

Anies mengatakan, saat ini di Jakarta hanya menyisakan 66 RW yang masih menjadi zona merah. Oleh karena itu, pada PSBB tahap 4 ini sekaligus sebagai masa transisi ke tahap hidup aman, sehat dan produktif.

“Kami di Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Jakarta untuk menetapkan status PSBB di DKI Jakarta diperpanjang dan menetapkan bulan Juni ini sebagai masa transisi,” kata Anies di Balai Kota Jakarta, Kamis (4/6).

Masa transisi ini akan berlangsung tanpa batas. Jika Covid-19 semakin terkendali bahkan bisa dihentikan proses penularannya, maka masa transisi akan berakhir pada akhir Juni. Apabila tidak maka akan dilanjut hingga pandemi usai.

Anies berharap dalam masa transisi ini Jakarta bisa menuju kota yang aman dan bebas dari Covid-19. Sehingga kegiatan sosial dan ekonomi bisa kembali pulih. “Saat masa transisi ini kegiatan sosial ekonomi sudah bisa berjalan. Ini periode edukasi, pembiasan hidup yang aman sesuai protokol Covid-19,” ucapnya.

Dalam masa transisi ini, pelonggaram kegiatan sosial ekonomi hanya untuk jenis kegiatan yang memiliki manfaay besar nagi masyarakat. Selain itu, kegiatan tersebut memiliki resiko terkendali. “Dalam masa transisi semua sanksi PSBB tetap berlaku. Kegiatan usaha, kegiatan kemasyarakatan, pelanggaran kewajiban menggunakan masker tetap ditegakan,” kata Anies.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah umar


Comment

Loading...