Masjid Al Markaz Makassar Mulai Laksanakan Salat Jumat

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Pengurus Masjid Al-Markaz Al-Islami Jenderal M Jusuf Makassar, Sulawesi Selatan, akhirnya memutuskan untuk kembali menyelenggarakan Salat Jumat, mulai besok, 5 Juni 2020.

Diketahui, sejak wabah Corona merebak tiga bulan terakhir, salah satu masjid terbesar di Sulsel ini ditutup untuk semua kegiatan keagamaan, termasuk Salah Jumat. Tercatat sebanyak 12 kali salat Jumat di Masjid Al-Markaz Al-Islami ditiadakan. Hal itu sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona di Sulsel.

Keputusan untuk kembali menggelar Salat Jumat berjamaah disepakati dalam rapat antara Yayasan Islamic Center (YIC) Al-Markaz Al-Islami, Badan Pengurus Harian dan Badan Takmir, Kamis (4/6). Rapat tersebut dipimpin langsung Ketua Umum YIC, Basri Hasanuddin dan dihadiri para pengurus teras Masjid Al-Markaz Al-Islami.

Basri mengatakan, untuk pelaksanaan salat Jumat di Masjid Al-Markaz Al-Islami, pihaknya akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Oleh karena itu, dia meminta bagi jamaah yang hendak melaksanakan salat Jumat di Al-Markaz wajib mengiktui protokol kesehatan yang ditetapkan.

“Setelah melakukan kajian dengan mempertimbangkan banyak hal, termasuk Edaran Dewan Masjid Indonesia dan juga koordinasi dengan Gugus Penanganan Covid-19 Sulawesi Selatan, maka diputuskan, Masjid Al-Markaz kembali memfasilitasi Salat Jumat. Tentu dengan protokol kesehatan yang ketat,” terang Basri.

Basri menjelaskan, protokol kesehatan yang harus dipatuhi setiap jamaah antara lain, wajib mengenakan masker, membawa sajadah sendiri, dan menjaga jarak dalam shaf. Untuk itu, pihaknya mengharapkan kerjasama dari jamaah untuk mematuhi protokol kesehatan tersebut.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan