New Normal Bandara Juanda, Penumpang Wajib Bawa Ini

ILUSTRASI/ SERING DISTERILISASI: Fasilitas self check in di Bandara Juanda bakal rutin disemprot disinfektan untuk keamanan dan kesehatan penumpang. (Dipta Wahyu/Jawa Pos)

FAJAR.CO.ID,SURABAYA– Bukan hanya pemeriksaan berkas calon penumpang yang ketat. Pedoman protokol new normal juga sudah disiapkan oleh Angkasa Pura I (AP I) untuk diterapkan di Bandara Internasional Juanda. Salah satunya, kewajiban petugas mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap. Tujuannya, mencegah persebaran virus Covid-19. Termasuk memberikan kenyamanan kepada penumpang.

Protokol kesehatan terkait new normal sudah dibuat oleh AP I. Saat ini tinggal menunggu keputusan aturan new normal itu diterapkan. Jika semua sudah diputuskan, Bandara Juanda akan melakukan sosialisasi kepada calon penumpang.

”Sesegera mungkin disosialisasikan, sekarang masih menunggu arahan dari pemerintah,” kata General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Kolonel Laut (P) Heru Prasetyo.

Secara khusus, pedoman new normal akan mengatur pelayanan penerbangan. Termasuk persyaratan yang dibutuhkan penumpang sebelum terbang. Baik untuk penerbangan internasional maupun domestik. Semua protokol dibuat ketat. Misalnya, wajib membawa surat rapid test maksimal tujuh hari sebelum keberangkatan.

Dalam pedoman tersebut, juga terdapat berbagai informasi terkait pencegahan persebaran Covid-19. Semuanya wajib dipatuhi oleh calon penumpang, termasuk pihak petugas. Poin pentingnya adalah soal physical distancing (jaga jarak). Di samping itu, ada pengecekan dokumen kesehatan.

Dengan begitu, penumpang yang tidak membawa persyaratan tak bisa lolos untuk berangkat. Selain berkas, pengecekan kesehatan juga tidak kalah ketat. Mereka diwajibkan melewati alat pengukur suhu. Penumpang yang suhunya tinggi dilarang terbang.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...