Panglima Koopsau II Melaksanakan Entry Briefing dengan Para Pejabat Makoopsau dan Danlanud Jajaran

Pangkoopsau II Marsma TNI Minggit Tribowo didampingi Kas Koopsau II Marsma TNI Andi Kustoro sedang melakukan entry briefing dengan para pejabat Makoopsau II dan para Danlanud Jajaran.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR –- Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Pangkoopsau) II Marsekal Pertama (Marsma) TNI Minggit Tribowo, S.IP, setelah mengambil apel khusus di Lapangan Apel I Makoopsau II, Selasa (2/6/2020), kini melakukan entry briefing dengan para pejabat Makoopsau II dan para Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Danlanud) Jajaran.

Pangkoopsau II Minggit Tribowo melaksanakan entry briefing didampingi dengan Kepala Staf (Kas) Koopsau II Marsma TNI Andi Kustoro di Ruang Rapat Makoopsau II, melalui teleconfrence.

Dalam entry briefing tersebut, Pangkoopsau II mengatakan bahwa tugas sebagai Pangkoopsau II tidaklah ringan bila dilihat dari luas wilayah yang menjadi tanggung jawab Koopsau II. “Oleh karena itu,  sebagai pejabat baru, tentunya saya akan melanjutkan program-program kerja yang telah dirintis Pangkoopsau II sebelum saya, berdasarkan kebijakan  pimpinan TNI AU maupun TNI,” ujarnya.

Makanya, Pangkoopsau II Marsma TNI Minggit Tribowo mengharapkan, adanya sinergi dan kerja sama yang terkoordinasi, baik di intern Makoopsau II maupun antara Makoopsau II dengan Lanud jajaran. Demikian pula dengan para liasson officer yang ada di Kodam.

“Kepada para pejabat Makoopsau II  serta Lanud jajaran, saya minta untuk tidak segan-segan memberikan  masukan  dan respon staf yang konstruktif kepada saya. Berikanlah saran-saran staf yang membangun untuk tercapainya sebuah tali komando yang jelas dan tegas, sehingga tugas-tugas bersama yang kita laksanakan di Koopsau II, dapat terlaksana dengan lebih optimal,” imbuh Minggit Tribowo.

Pangkoopsau II  juga menekankan kepada para Danlanud jajaran, agar melaksanakan  perencanaan penggunaan kekuatan secara efektif dan efisien, menentukan skala prioritas,  kira hal tersebut perlu direspon dengan cepat, sehingga seluruh energi yang kita keluarkan benar-benar sesuai dengan konsep dan metoda penggunaan dan pengerahan  kekuatan  yang  tepat   waktu, tepat kualitas dan tepat sasaran.

Sebelum mengakhiri entry briefing, Pangkoopsau II mengajak kepada Pejabat Makoopsau II dan Komandan Lanud jajaran untuk mendukung terwujudnya keinginan  Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, SE., M.PP, untuk membangun TNI Angkatan Udara menjadi Angkatan Udara yang disegani di kawasan.

Pada kesempatan ini, Alumni AAU tahun 1991 ini mengimbau, untuk menyukseskan program 100 hari Kasau yang meliputi: Pertama, Melaksanakan penguatan komunitas intelijen dengan sharing data guna menghadapi dampak perkembangan lingkungan strategis.

Kadua, Menyiapkan penerapan organisasi TNI Angkatan Udara berdasarkan peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2019. Ketiga, Membuat petunjuk referensi pelaksanaan kegiatan kedinasan TNI Angkatan Udara, yang disupervisi oleh Dinas Kesehatan dan Dinas Psikologi, khususnya bidang operasi dan latihan.

Keempat, Menerapkan pelaksanaan kegiatan operasi dan latihan sesuai kondisi new normal. Kelima, Mengoptimalkan penggunaan sistem informasi TNI Angkatan Udara (e-office) pada prosedur mekanisme hubungan kerja sehari-hari.

Keenam, Meningkatkan kualitas SDM guna menghadapi tantangan teknologi 4.0. Ketujuh, Menjamin kesiapan alutsista untuk mendukung program pemerintah dan tugas-tugas TNI terutama dalam mengatasi dampak Covid-19 dan bencana alam.

Kedelapan, Meningkatkan ketahanan pangan prajurit TNI Angkatan Udara dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki TNI Angkatan Udara, dan melibatkan masyarakat sekitar yang terdampak Covid-19. (lis)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam


Comment

Loading...