Rutin Sentuhan Fisik dengan Pasangan, Ini 7 Manfaatnya

ilustrasi sentuhan fisik-- (Foto: Unsplash)

FAJAR.CO.ID -- Jika bicara tentang cinta tentu datangnya dari hati dan perasaan. Akan tetapi konektivitas antar tiap pasangan bisa semakin intim jika disertai sentuhan fisik dari mulai saling berpegangan, mengecup, mencium, dan memeluk.

Bahkan jika bahasa cinta bukanlah sekadar sentuhan fisik, tapi tetap saja wajar jika didambakan oleh setiap insan. Menurut psikolog Chloe Paidoussis-Mitchell, berbicara kepada HuffPost, sentuhan fisik sangat penting dalam hubungan.

“Ini mungkin terdengar sepele, tetapi kurangnya (atau bahkan larangan) kontak fisik dengan orang lain dapat memiliki dampak nyata pada kesejahteraan mental, terutama jika Anda tinggal sendirian,” katanya seperti dilansir dari YourTango, Kamis (4/6).

Dalam hubungan, menyentuh dan disentuh bahkan lebih penting karena menunjukkan kasih sayang fisik yang membantu menguatkan ikatan pasangan. Berikut adalah tujuh bukti ilmiah yang menunjukkan kasih sayang lewat sentuhan itu penting.

Kasih sayang fisik melepaskan hormon perasaan

Salah satu alasan mengapa berpelukan, berpegangan tangan, dan sentuhan terasa menyenangkan bagi kita adalah bahwa perilaku ini meningkatkan tingkat oksitosin. Hormon itu mengurangi rasa sakit dan menyebabkan sensasi menenangkan. Oksitosin meningkat selama interaksi sentuhan dan juga sebagai hasil dari sentuhan kasih sayang, seperti yang ditunjukkan oleh penelitian ini.

Perkuat Ikatan Pernikahan

Kadar cinta dalam pernikahan bisa ditentukan oleh sentuhan fisik. Artinya, jumlah kasih sayang fisik antara suami dan istri memprediksi seberapa besar mereka mengatakan mereka saling mencintai.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah Umar


Comment

Loading...