Siap Ikut Pilkada Lewat DPRD, Darmawangsyah Muin: Keselamatan Rakyat Hukum Tertinggi

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR-- Sekretaris DPD Partai Gerindra Sulsel Darmawangsyah Muin menyebut partainya siap 100 persen menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang direncanakan pada 9 Desember 2020 mendatang.

Gerindra Sulsel juga mewacanakan Pilkada di tengah pandemi Covid-19 dilakukan lewat DPRD kota/kabupaten jika KPU sebagai penyelenggara tidak siap menggelar Pilkada langsung dengan segala resikonya.

"Gerindra Sulsel sangat siap menghadapi Pilkada serentak 2020 ini. Apapun keputusan KPU terkait mekanisme pemungutan suara, kami akan jalankan. Seluruh kader kami tentu sangat siap," tegas Darmawangsyah dalam program Fajar Bincang virtual bertema 'New Normal Election', Rabu (3/6/2020).

Namun jika KPU pesimis menyelenggarakan pemungutan suara langsung, pihaknya pun mengusulkan voting dilakukan oleh legislator. Pasalnya, penyelenggaraan Pilkada di tengah pandemi seperti ini sangat beresiko bagi pemilih, penyelenggara hingga peserta.

"Keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi. Jika memang KPU tidak siap, atau jika pemilih dianggap riskan datang ke TPS, saya usulkan untuk dilakukan pemilihan kepala daerah oleh DPRD kota atau kabupaten. Karena legislatif juga merupakan perwakilan masyarakat," kata Wakil Ketua DPRD Sulsel itu.

Mekanisme pengambilan voting di DPRD, lanjut Darmawangsyah, juga bisa diawasi Bawaslu, TNI, maupun Polri.

"Perppu itu kan bisa saja diubah menjadi pengambilan suara lewat DPRD. Karena situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan. Sekali lagi saya tegaskan, keselamatan masyarakat di atas segala-galanya. Itu amanat undang-undang yang bisa menjadi bahan pertimbangan. Sementara Pilkada juga kan tidak bisa ditunda," papar Darmawangsyah.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Adi Mirsan


Comment

Loading...