Belajar dari Rumah Diperpanjang, Guru Dituntut Kreatif Agar Siswa Tak Bosan

  • Bagikan
rpt

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Pandemi Covid-19 membuat pembelajaran di sekolah kini dialihkan di rumah. Setidaknya sudah tiga bulan siswa diharuskan belajar secara daring atau online.

Plt Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar, Amalia Malik mengatakan, pembelajaran daring yang selama ini berjalan kurang lebih tiga bulan memang membuat sebagian besar siswa di rumah merasa bosan.

“Memang ini tahapan yang baru dalam keadaan seperti ini, jangankan anak-anak, kita saja orang tua bagaimana, tetapi proses pendidikan ini tetap harus berjalan,” kata Amalia, Kamis (4/6/2020).

Olehnya itu, dirinya meminta guru untuk berperan aktif dalam mengolah media pembelajaran, agar peserta didik tidak merasa bosan dan tetap betah belajar di rumah.

“Ada beberapa yang sudah dilakukan Kemendikbud, baik itu melalui TVRI, kemudian sudah diupayakan video video supaya menarik dan membuat suatu sistem belajar lain dari yang lain artinya sehingga anak-anak tidak bosan,” ujar Sekretaris Disdik itu.

Kendati sudah ada program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), dirinya meyakini, peran guru sangat besar dan lebih mengetahui peserta apa yang dibutuhkan peserta didik mereka.

Untuk itu, dirinya meminta kepada para pendidik, agar tak menyamakan proses pembelajaran di sekolah dengan di rumah.

“Memang kita sudah menyiapkan tenaga didik bahwa kurikulum ini tetap berjalan, tetapi modelnya sudah harus lain artinya jangan kurikulum yang diaplikasikan di sekolah hanya dipindahkan ke rumah,” jelasnya.

  • Bagikan