Pendidikan Hanya Kelas 3 SD, Petani Bone Ciptakan Traktor Remote Control

Seorang bocah cilik (bocil) mengendalikan traktor dengan remote control. (FOTO: AGUNG PRAMONO/FAJAR)

FAJAR.CO.ID, BONE — Namanya Udin. Pendidikannya hanya sampai kelas 3 SD. Namun, inovasinya luar biasa. Menjadikan traktor bisa diremote-control.

Dia merupakan warga Desa Mappesangka, Kecamatan Ponre. Dia terpaksa berhenti sekolah karena ayahnya meninggal, dan tidak ada yang bisa membiayai sekolahnya.

Udin mengaku, awal pembuatan traktor yang dikendalikan dengan remote control ini karena hobi mengutak-atik barang elektronik yang rusak. “Memang saya suka servis alat elektronik,” katanya Jumat (5/6/2020).

Selain berprofesi tukang servis, Udin juga sebagai seorang petani. Namun kondisi daya tahan tubuhnya sudah tidak bisa lagi. Dia pun mencoba membuat hal yang bisa meringankan kerjanya saat membajak sawah.

“Ide pembuatan ini sejak awal 2018. Waktu itu, ia pernah melakukan uji coba, tetapi masih terdapat kekurangan, terutama di komponen papan sirkuit cetak dan power windows. Kedua komponen tersebut tidak bisa bertahan lama. Namun sudah bisa jalan,” sebutnya.

Perbaikan-perbaikan terus dilakukan. Kekurangan dari alatnya terus dilengkapi. Itupun dengan alat bekas saja. Akhirnya, jangkauannya 500 meter jika tidak ada yang mengahalangi. Tak hanya itu, baterai remote control dapat bertahan 2×24 jam.

“Jika membajak sawah sebanyak satu hektare hanya membutuhkan waktu tiga jam saja. Dan alat yang saya buat juga baru satu,” jelas suami Andi Fitri itu. (agung/fajar)

Komentar

Loading...