WNA Arab Saudi Diduga Jual Narkoba di Kawasan Wisata

BARANG BUKTI: Wakapolresta Mataram AKBP Edwin Suwondo (dua dari kiri) bersama Kasatnarkoba Polresta Mataram AKP Elyas Ericson (kiri) menunjukkan barang bukti narkoba milik WNA Arab Saudi, Abdul, Kamis (4/6). (HARLI/LOMBOK POST)

FAJAR.CO.ID,MATARAM– Warga Negara Arab Saudi berinisial AAS alias Abdul ditangkap saat membawa narkoba, Selasa (2/6) lalu. Penyidik menyimpulkan Abdul menjadi seorang pengedar. ”Pelaku mengedarkan narkoba di kawasan wisata. Sasarannya itu warga negara asing yang datang ke Lombok,” kata Wakapolresta Mataram AKBP Edwin Suwondo, kemarin (4/6).

Abdul sudah dua tahun tinggal di NTB. Dia menggunakan paspor pelancong. ”Kita masih dalami sejak kapan mulai mengedarkan narkoba,” ujarnya.

Abdul mengedarkan dua jenis narkoba. Yakni, ganja dan sabu. “Dari pengakuannya, barang itu dibelinya dari Karang Bagu,” bebernya.

Ganja dibelinya dengan harga Rp 300 ribu dalam poketan besar. Sedangkan sabu dibeli dengan harga Rp 200 ribu. “Pelaku juga pengguna. Hasil tes urine-nya positif,” bebernya.

Penyidik belum menyimpulkan Abdul termasuk dalam jaringan internasional. Karena, perlu didalami lagi. ”Kita masih dalami yang itu (jaringan internasional),” jelasnya.

Saat ini tim masih terus mengembangkan. Dari mana mereka mendapatkan barang haram tersebut. ”Masih pengembangan,” ucapnya.

Untuk proses penyidikannya nanti, penyidik akan bersurat ke Kedutaan Besar Arab Saudi. Sebagai bentuk pemberitahuan. ”Apakah nanti akan diberikan pendampingan hukum atau tidak,” bebernya.

Dari perbuatannya, Abdul dijerat pasal 112 Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentan Tindak Pidana Narkotika. Ancaman hukumannya minimal empat tahun penjara.

Sebagai pengingat, Abdul ditangkap di kos-kosannya di Karang Siluman, Cakra Timur, Cakranegara, Mataram, Selasa (2/6). Dia menguasai narkoba jenis ganja seberat 11,20 gram dan sabu seberat 1,72 gram. (arl/r2/lombokpost/jpc)

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...