Banjir di Sejumlah Titik di Luwu, Wagub Sulsel Minta BPBD Bersiap


FAJAR.CO.ID, LUWU – Hujan deras mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Luwu, Sabtu (6/6/2020). Akibatnya, mengalami banjir.

Informasi dari BPBD Kabupaten Luwu ada 4 kecamatan yang terendam banjir. Yakni di Kecamatan Larompong ada 5 wilayah, yakni Kelurahan Larompong, cappie; Desa Rantebelu; Desa Riwang; Desa Buntumatabing; dan Desa Bilante.

Di Kecamatan Larompong Selatan ada dua wilayah yang banjir, yakni di Desa Temboe dan Desa Sampano. Di Kecamatan Suli, yakni Kelurahan Suli. Serta di Kecamatan Suli Barat, yakni Kelurahan Lindajang dan Desa Buntubarana.

Banjir ini akibat curah hujan yang tinggi di Kabupaten Luwu pada Sabtu (6/6/2020) mulai pukul 03.00 Wita.

Berselang satu jam, air mulai meluap hingga ke pemukiman warga dan jalan trans nasional. Aktivitas warga lumpuh akibat genangan air di mana-mana.

BPBD melaporkan, jika ketinggian air sekitar 50 hingga 100 cm ( 1 meter). Yang menggenangi pemukiman warga, sawah, perkebunan, tempat ibadah, sekolah maupun fasilitas umum lainnya.

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Sulsel, Zubair Abdi Rahman menyampaikan, jika pihaknya tetus berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Luwu.

“Ditangani oleh BPBD kabupaten, kami di Provinsi siap jika sudah ada informasi dari Kabupaten,” katanya.

Terpisah, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menuturkan hal yang sama.

“Saya sudah hubungi Pak Kaban BPBD untuk Koordinasi dengan Kabupaten Luwu agar memastikan tim siap di lapangan,” ujarnya. (rls/fajar)

KONTEN BERSPONSOR

Komentar