Media Xinhua Beberkan peran Luhut Binsar Panjaitan dalam Kerjasama Tiongkok-Indonesia

Luhut Binsar Panjaitan (Raka Denny/Jawa Pos)

FAJAR.CO.ID, BEIJING - Media resmi pemerintah Tiongkok, Xinhua, memberitakan pembicaraan via telepon antara Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dengan Menlu Tiongkok Wang Yi. Selain menteri, dalam berita tersebut Xinhua juga menyebut Luhut sebagai koordinator untuk kerja sama dengan Tiongkok.

Xinhua melaporkan, dalam pembicaraan yang berlangsung pada Kamis (4/6) lalu itu, Luhut menyampaikan ucapan selamat kepada Tiongkok atas suksesnya penyelenggaraan rapat tahunan parlemen beberapa waktu lalu.

Luhut juga mengatakan pertemuan tersebut merupakan tonggak utama bagi kemenangan Tiongkok dalam perang melawan epidemi COVID-19.

"Indonesia bangga dengan upaya Tiongkok dalam memimpin pengendalian epidemi dan berkeinginan untuk belajar dari pengalaman Tiongkok," kata Luhut.

Masih menurut Xinhua, Luhut berterima kasih kepada Tiongkok karena telah menyediakan berbagai pasokan medis pada waktu yang sangat krusial untuk membantu Indonesia melawan epidemi COVID-19 serta melanjutkan kembali pembangunan ekonomi dan sosial.

Luhut pun menjanjikan bahwa Indonesia siap untuk mempercepat proyek-proyek kerja sama Sabuk dan Jalur Sutra utama seperti kereta cepat Jakarta-Bandung. Dia juga berharap kedua belah pihak akan melanjutkan penerbangan komersial sesegera mungkin serta bersama-sama mendukung pemulihan ekonomi kedua negara.

Dalam pembicaraan tersebut, Wang mengatakan bahwa Tiongkok memimpin upaya mengendalikan penyebaran COVID-19 di dalam negeri dengan dukungan besar dari komunitas internasional, termasuk Indonesia.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Adi Mirsan


Comment

Loading...