Mentan SYL Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Pekarangan

FOTO: ISTIMEWA

Fajar.co.id, Jakarta – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo kerap menekankan upaya meningkatkan pemanfaatan pekarangan rumah sebagai sumber pangan keluarga. Kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) merupakan salah satu strategi dalam menjaga ketahanan pangan, terutama di masa pandemi Covid 19, maupun dalam menghadapi musim kemarau.

“Dalam kondisi krisis seperti Covid-19 ini, pertanian menjadi jawaban untuk bisa survive. Tidak perlu lahan besar, kita manfaatkan lahan di pekarangan kita. Jadi di pekarangan ini semua orang bisa bertani,” ujar Mentan SYL.

Untuk itu, Mentan meminta kepada seluruh pemerintah daerah dari gubernur hingga tingkat desa, agar mendorong pemanfaatan pekarangan sebagai sumber pangan keluarga.

“P2L ini sangat penting. Untuk itu, saya minta para kepala daerah mendorong pemanfaatan pekarangan di setiap rumah sebagai sumber pangan keluarga, karena ketahanan pangan nasional dimulai dari ketahanan pangan keluarga,” kata Mentan SYL.

Apa yang disampaikan Mentan SYL tersebut membuat masyarakat bergeliat untuk bercocok tanam dengan memanfaatkan pekarangan di sekitar rumah.

Seperti di kelompok wanita tani (KWT) Cempaka Putih di Kelurahan Gading Sari Kecamatan Kundur Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau. Berada di daerah kepulauan tidak menyurutkan niat Istianah, Ketua KWT untuk terus bertanam dan mengelola lahan pekarangan di kebun demplot seluas ½ hektar yang diikuti semua anggota di pekarangan rumah masing-masing.

Komentar

Loading...